wisata-kaltara

PIPA MILIK PDAM BOCOR DIRESAHKAN WARGA

Monday, July 2nd 2018. | Citizen Journalism, Headline, Kaltara, Opini, Tarakan

GENANGAN AIR DI PINGGIR JALAN AKIBAT PIPA BOCOR YANG DIMILIKI PDAM PT TIRTA ALAM TARAKAN

TARAKAN, MK – Pipa Air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) PT Tirta Alam Tarakan mengalami kebocoran di jalan Gajah Mada tepatnya di RT 05, yang membuat sebagian jalan menjadi basah dan rusak akibat genangan air dari pipa yang bocor dan naik permukaan jalan.

Menurut Informasi yang didapatkan Metro Kaltara, bocornya pipa air tersebut sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu, dan di akui oleh salah seorang warga yang tinggal di daerah tersebut sebelumnya pipa tersebut juga pernah mengalami kebocoran, bahkan sampai beberapa kali, meskipun sudah dilakukan penanganan.

“Bocornya mungkin sudah ada 3 kali, karena selama saya tinggal di sini, emang sudah sering bocor pipanya, sampai jalan pun rusak di buatnya. Disitu saja ada juga bekas aspal ytang sudah diperbaiki tapi rusak lagi kembali karena pipa air bocor lagi,” ungkap salah seorang warga yang tak ingin disebutkan namanya tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PDAM PT. Tirta Alam Tarakan, Usman Assegaf memberikan konfirmasinya terkait dengan adanya pipa bocor tersebut. dan mengakui jika pipa tersebut kini sudah ditangani, namun masih sedikit mengalami kendala dilapangan.

“Kami sudah memperbaiki, tapi karena posisi pipa ini adalah besi pipa besi yang sudah terbilang tua, jadi kami sedikit sulit untuk memperbaikinya, dan butuh waktu yang sedikit agak lama, dan posisi pipa tersebut sangat dalam sehingga agak sulit memberbaiki karna banyak mobil lalu lalang dan pertokoan” ujarnya.

Lanjut Usman, dirinya juga memberikan penjelasan terkait dengan penyebab bocornya pipa tersebut, yang tak lain adalah disebabkan karena beban yang cukup berat, sehingga membuat pipa yangt lama tersebut, sudah tak mampu lagi untuk menopang beban yang diteriima sehingga mengalami kebocoran.

“Pipa tua besi puluhan tahun sudah kropos, terkena tekanan beban jalan mengakibatkan sering bocor bocor pipanya, dan di tambah lagi area jalan gajah mada kendaraan disana banyak yang lalu lalang apalagi untuk mobil dan truck, jadi itulah yang menyebabkan pipa disana tu jadi bocor,” bebernya.

Sedikit ditambahkan oleh Usman, mengani posisi pipa yang berada di kawasan tersebut “Kebanyakan di area Gusher itu banyak pipa lama besi dan sudah kropos sehingga posisi sangat dalam dan agak sulit memberbaiki karna banyak mobil lalu lalang dan pertokoan, dan sementara untuk saluran air di area tersebut akan kita matikan sementara untuk dilakukan pengerjaan,” tambahnya.

Dirinya pun menghimbau kepada masyarakat, apabila ada menemukan pipa bocor milik PDAM bisa langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pihak PDAM, untuk dilakukan peninjauan lebih lanjut.

“jadi kita mohon bersabar untuk warga yangmemnggunakan jalan tersebut, dan Insha Allah malam akan kami kerjakan lagi, karena apabila ada pipa bocor pihak kami akan cepat menanganani, dan apabila dibiarkan terus, area disekitarnya pasti akan banjir,” tutupnya.(arz27)

Related For PIPA MILIK PDAM BOCOR DIRESAHKAN WARGA