138 Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan Melaksanakan KKN Di Malinau

Kamis, Juli 11th 2019. | Malinau

Malinau – 138 mahasiswa ini akan di tempatkan di 2 kecamatan yaitu Malinau Selatan Hilir dan Malinau Utara. Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM mewakili Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa dan selamat melaksanakan KKN dengan baik.

FOTO: Humas

“Kenali pemerintah desanya, kenali masyarakatnya, kenali potensi desanya dan kenali masalah mereka. Setelah baru kalian menyusun program. Jangan program itu dibawa dan kalian paksakan kepada kepala desa. Kenali dulu karakter desa lalu kenali karakter kepala desa, “ Ujar Sekda pada saat menyampaikan sambutannya pada acara Penerimaan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Angkatan XIV Periode 2 Tahun Akademik 2018-2019 Universitas Borneo Tarakan di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau.

Salah satu tema di Kabupaten Malinau adalah kreatifitas, nasionalis, berbangsa. Kemudian juga sekarang ada program rt bersih, kemudian juga ada enam target pekerjaan di tahun 2019. “Jadi nanti coba sinkronkan, kami mau lihat, seberapa hebat nasionalis adik-adik mensinergikan antara program pemerintah kabupaten, program kecamatan, program desa, dan program mahasiswa,” tantannya.

Sekda Ernes juga mengundang para mahasiswa untuk hadir sama-sama dengan pemerintah daerah pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2019 ke Kecamatan Malinau Selatan dalam rangka pembukaan bulan bakti RT bersih di Desa Loreh, sekaligus peresmian Desa Loreh sebagai Desa Wisata. “Nah, nanti adik-adik juga tau apa yang dinamakan bulan bakti RT bersih, nanti makna bulbak bisa tanya pada pak kades, pasti pak kadesnya bisa jawab,” ujarnya.

Sekda meminta mahasiswa untuk menganggap tempat yang mereka tinggali nanti sebagai rumah mereka sendiri. “Disitulah nikmatnya. Jika adik-adik kami tempatkan dikota tidak ada seninya, makin sulit situasi, makin sulit pengalaman semakin baik,” ungkapnya.

Harapannya, mahasiswa bisa menjaga sikap, bisa menjaga kesehatan, bisa berkomunikasi dengan baik, bisa bekerja dengan baik, dengan segala pesan masyarakat. Jangan sampai ada laporan ‘Pak, mahasiswa KKN diusir.’ Kalau sampai diusir berarti ada yang salah. Kalau pun ada yang salah ada pembina, jadi kepala desa juga nanti buat pengertian kepada masyarakat.

“Selamat menjalankan tugas dengan baik, harapan kami dampak positif yang diberikan oleh mahasiswa kepada kami pemeintah desa, kecamatan khususnya berjalan baik, harapan kami UBT ini tetap memberikan orientasi kepada semua daerah yang ada di kaltara dan mari kita sama-sama meningkatkan kualitas kita,” ucapnya menutup sambutan. (Hms)

tags: , ,

Related For 138 Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan Melaksanakan KKN Di Malinau