16 Orang ASN Ikuti Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Pemda Malinau

Selasa, Januari 15th 2019. | Malinau

Malinau, MK – Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau melaksanakan kegiatan seleksi terbuka jabatan Pratama Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau bertempat di ruang Tebengang lantai II Kantor Bupati Malinau, pada Senin (14/01/19).

Kepala BKPP Kabupaten Malinau Drs. Tan Irang, MAP melaporkan bahwa pelaksanaan penyisihan seleksi jabatan di Kabupaten Malinau terbagi menjadi dua, yaitu seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau yang diketuai oleh Prof. Dr. Drs. Adri Paton, M.Si yang ditemani 4 orang anggota pansel dan seleksi pengisian jabatan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau yang diketuai oleh Drs. Hendris Damus, M.Si dan 4 orang anggotanya.

Pelaksanaan seleksi terbuka ini dilaksanakan atas kerjasama antara Pemda Malinau dengan Universitas Mulawarman Samarinda yang mana seleksi ini sudah mendapat rekomendasi dari komisi aparatur sipil negara untuk dilaksanakan pengisian 2 jabatan yakni Sekretaris Daerah eselon II.a dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau eselon II.b. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi terbuka ini berjumlah 16 orang terdiri dari 5 orang pelamar untuk eselon II.b dan 11 orang pelamar untuk eselon II.a
“Adapun pelaksanaan seleksi terbuka ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 14 dan 15 Januari 2019 dalam 4 tahap yaitu pemaparan makalah, wawancara, psikotes dan bedah kasus” ungkapnya.

Prof. Dr. Drs. Adri Paton, M.Si selaku ketua Pansel mengatakan sesuai dengan arahan Bupati bahwa pelaksanaan seleksi ini akan dilakukan dengan baik dan diusahakan dapat menggali kemampuan seseorang untuk diangkat menjadi calon Sekretaris Daerah sehingga rekomendasi yang akan diberikan kepada Bupati benar-benar rekomendasi yang koprehensif, berkompeten dan sesuai dengan yang diharapkan yakni mampu melaksanakan tugas sebagai Sekretaris Daerah.
“Tugas Sekda itu ada 3. Pertama, melaksanakan roda pemerintahan. Kedua, melaksanakan dan mengamankan semua kebijakan Bupati dan yang ketiga, melaksanakan kegiatan kehumasan dan keprotokolan yang ada di pemerintahan Kabupaten Malinau ini” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Drs. Hendris Damus, M.Si dalam sambutannya mengatakan untuk jabatan eselon II.a dan eselon II.b di pemerintah daerah khususnya tingkat 2 yaitu Kabupaten merupakan jabatan tertinggi. Untuk itu seleksi ini dilakukan secara terbuka untuk melihat potensi-potensi dari para pelamar khususnya untuk jabatan Sekretaris Daerah yang memiliki peran penting dalam pemerintahan. Drs. Hendris Damus mengutip apa yang disampaiakan oleh Prof. Dr. Drs. Adri Paton, M.Si bahwa melaksanakan dan mengamankan semua kebijakan Bupati adalah tugas dari seorang Sekretaris Daerah untuk itu dibutuhkan seseorang yang mampu mengolah kebijakan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, kabupaten dan negara.

Drs. Hendris Damus, M.Si mengajak kepada semua peserta seleksi agar benar-bener bisa mengikuti tahapan-tahapan seleksi ini dengan maksimal.“Karena bagaimanapun juga hasil yang kita peroleh nanti adalah menggambarkan kinerja kita, kemampuan kita baik dari sisi intelektual, emosional dan sprititual. Ketiganya ini minimal berimbang” ungkap Drs. Hendris Damus, M.Si sekaligus membuka secara resmi acara seleksi pada hari ini.(Aan/Diskominfo)

Related For 16 Orang ASN Ikuti Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Pemda Malinau