181 Casis Polda Kaltara Tunggu Pengumuman Dari Mabes Polri

Kamis, Juli 4th 2019. | Headline, Tanjung Selor

Ratusan Casis Polda Kaltara telah lulus tahap akhir kini tinggal menunggu pengumuman kuota dari Mabes Polri

TANJUNG SELOR, MK  –  Sebanyak 181 calon siswa (Casis) Polri di Polda Kaltara telah menyelesaikan tes tahap akhir dan saat ini tengah menunggu pengumuman dari Mabes Polri untuk selanjutnya mengikuti pendidikan. Dijadwalkan pengumuman akan keluar dari Mabes Polri pada 1 Agustus 2019 mendatang

“Tinggal menunggu pengumuman di Bulan Agustus kuota Kaltara berapa, polwannya berapa. Kan  supervisi sudah kemudian sekarang masih jedah casis, kemudian perengkingan sudah,”ujar Kepala Biro SDM Polda Kaltara melalui Ps Kasubagdiapers Badgalpers Biro SDM Polda Kaltara, AKP Awan Kurniawan kepada Metro Kaltara, Kamis (4/7).

Ia menyebutkan dari 181 casis yang telah mengikuti tes akhir terdiri atas 8 orang Tantama yang terbagi atas 6 orang tantama Brimob dan 2 orang tantama Polair. Kemudian untuk Akpol yang lulus dalam tingkat Panda Polda Kaltara ada 3 orang.

“Yang lolos itukan ada tiga orang casis Akpol dan kuota kita juga tiga untuk seleksi tingkat pusat. Mereka sudah berada di Akpol Semarang. Namun kemungkinan 3 akpol ini ada yang tidak lulus, bisa lulus semua dan bisa juga gugur semua,” sebutnya.

Sedangkan untuk casis bintara ada 170 orang, di mana terbagai atas beberapa bagian. Untuk bintara kompetensi khusus (Bakomsus) ada 5 orang dan Bintara Talent Scouting yakni jalur penerimaan calon anggota Polri dengan memprioritaskan bakat, minat, dan potensi calon. Jumlahnya sendiri ada 6 orang, dan bintara polisi tugas umum (PTU) ada 159 orang.

Lebih lanjut Awan mengungkapkan Biro SDM Polda Kaltara telah membagi 170 PTU di setiap Polres yang ada di Kaltara. Untuk Polres Bulungan mendapatkan 39 orang, 37 orang laki-laki dan 2 perempuan. Polres Malinau mendapatkan 15 orang dengan rincian 13 laki-laki dan perempuan 2 orang. Kemudian untuk Polres Nunukan mendapat 47 orang, yakni 44 orang laki-laki dan perempuan 3 orang. Terakhir Polres Tarakan mendapatkan 59 orang, 56 orang laki-laki dan 3 orang perempuan

“Untuk bintara yang sudah lolos seleksi dan tinggal menunggu pengumuman ada 170 orang. Jumlah PTU keseluruhan ada 159 orang, untuk kuota terbanyak itu ada di Tarakan,” ucapnya.

Untuk diketahui peserta awal yang mendaftar sebanyak 1.061 orang dengan sistem online. Setelah di verifikasi dan seleksi secara manual administrasinya menjadi 860 orang yang lolos verifikasi. (as)

tags: , ,

Related For 181 Casis Polda Kaltara Tunggu Pengumuman Dari Mabes Polri