Truck Muatan Pasir Harus Bertutup Terpal

Wednesday, February 13th 2019. | Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan
Ilustrasi

TARAKAN, MK – Lalu lalangnya truck pasir yang melewati jalan utama di Tarakan ternyata sudah menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat sebagai pengguna jalan juga.

Namun ternyata untuk aturan baku mengenai truck pasir tidak diizinkan melewati jalan Utama belum ada.

“Itu dasarnya mana truk lewat jalan protokol harus dilihat dulu semuanya, karena jalan itu kegunaannya untuk umum,” ujar Kapolres Tarakan AKBP Yudhistira Midyahwan melalui Kasat Lantas AKP Arofiek Aprilian Riswanto.

Ia mengaku, masih akan melakukan kroscek terlebih dahulu dan tidak bisa langsung menyatakan bahwa truk pengangkut pasir tidak boleh melewati jalan umum. Sementara, kendaraan tersebut juga membayar pajak, melengkapi surat kendaraan dan sudah lulus uji KIR.

Sebenarnya, hal yang dilakukan untuk bisa melindungi para pengguna jalan raya lain, yang mengeluhkan truk pengangkut pasir ini adalah menegaskan standar operasional prosedur terkait penggunaan kendaraan tersebut.

“Misalnya, di Perda dan Undang-undang disampaikan kalau kendaraan pengangkut pasir harus ditutup menggunakan terpal. Karena, debunya bisa mengganggu pengguna jalan lain. Nah, itu action yang bisa dilakukan Sat Lantas,” jelasnya.

Jika ditemukan truk pengangkut pasir tidak menutup terpal, bisa dilakukan penilangan sesuai pasal 307 terkait pemuatan. Dalam pasal 307 ini juga memuat tata cara muat, namun lebih spesifik diatur dalam Perda. Larangan alat angkut melewati jalan, apabila berbeda kelas, namun bisa dilakuan asalkan ada pengawalan kepolisian, misalnya kendaraan alat berat.

“Barang muatan truk, tonase angkutnya juga disesuaikan dengan kelas jalan. Dilihat dulu rutenya, dari mana kemana yang dilewati, kemudian rutenya ke arah proyek yang mana. Sekaligus, harus dipastikan dulu regulasinya seperti apa,” bebernya.

Namun, ia mengaku tidak mau gegabah menerapkan aturan, karena masih dalam suasana politik yang mudah panas. Terlebih lagi, penindakan tanpa langkah persuasif terlebih dahulu bisa mempengaruhi pendapatan dan proyek yang sedang dikerjakan pemerintah.

“Tapi, truk yang tidak menggunakan terpal itu sudah salah dan aturannya ada. Jadi, bisa dilakukan penindakan dengan penilangan pasal 307, tentang kendaraan yang muatan pasir dan tidak ditutup terpal. Nanti, awalnya teguran secara tertulis, peringatan tidak berdenda, tapi kalau dilakukan dua kali akan dilakukan penindakan,” tutupnya. (arz27)

tags: , ,

Related For Truck Muatan Pasir Harus Bertutup Terpal