Senin, Maret 25th 2019. | Malinau

Jelang Pemilu, KPUD Malinau Paparkan Kesiapan Penyelenggara

Malinau, MK – Pemerintah Kabupaten Malinau melalui Badan Kesbangpol mengadakan rapat koordinasi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka Persiapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden Dan Wakil Presiden Serta Legislatif Tahun 2019 yang berlangsung di ruang rapat Intulun Kantor Bupati Malinau, pada Senin (25/03/19). Rakor ini dipimpin langsung oleh Penjabat Sekretaris Daerah Drs. Tan Irang, M.AP bersama dengan Ketua KPU Kabupaten Malinau Lasinias S.E, MM.

Pada rakor ini Ketua KPU Kabupaten Malinau Lasinias S.E, MM menyampaikan paparannya mengenai kesiapan dari pihak KPU menjelang Pemilu tahun 2019 Kabupaten Malinau. Paparan yang disampaikan mulai dari segi teknis, pengawasan, aturan dan hal yang diperlukan dalam pelaksanaan. Dalam rakor ini juga Drs. Tan Irang memberi kesempatan kepada semua yang hadir pada rakor tersebut untuk memberikan pertanyaan, saran dan masukan untuk kelancaraan pelaksanaan Pemilu tahun 2019 yang akan datang.

Ditemui usai Rakor, Ketua KPU Kabupaten Malinau Lasinias S.E, MM menjelaskan mengenai sejauh mana kesiapan dalam pendistribusian logistik, dimana sejauh ini sudah dalam tahap pengepakan dan siap untuk didistribusikan sesuai dengan jadwal yang sudah diatur dengan pihak penerbangan. Disamping itu, pihak KPU juga akan meminta bantuan dari pihak TNI untuk menyediakan penerbangan transportasi berupa helikopter jika memang dibutuhkan khususnya dalam kondisi yang emergency terutama untuk daerah perbatasan dan pedalaman. Selain itu, pihak KPU juga membutuhkan bantuan transportasi roda 4 untuk mempermudah kelancaran pengantaran logisitik.

“Adapun mobil yang ada juga tidak terlalu bisa diharap karena dalam kondisi yang memang sudah tidak layak pakai dan butuh beberapa hari untuk perbaikan, terlebih juga adanya anggota baru dari KPU sehingga membutuhkan trasnportasi lebih. Untuk itu, nanti akan kami coba untuk membuat surat permohonan ke pemerintah daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, PJ Sekda Drs. Tan Irang, M.AP mengatakan bahwa berdasarkan apa yang sudah disampaikan oleh ketua KPU bahwa koordinasi dari pihak penyelenggaran Pemilu, KPU, PPK dan PPS sangat penting untuk kelancaran Pemilu mendatang. Adapaun persiapan pengantaran logistik akan dimulai dari tanggal 8 sampai dengan 12 April 2019 dan semua OPD siap memberikan dukungan dari segi keamanan.

“Mengenai kendaraan dalam mengatar keperluan logistik untuk lebih lanjutnya nanti akan dikondisikan dan koordinasi kembali menunggu dari pihak KPU untuk mengajukan permohonan ke pemerintah daerah. Kalau memang bisa bantu akan kami bantu dan lebih jelasnya akan disampaikan pimpinan,” ungkapnya. (Aan/Diskominfo)

tags: ,

Related For