Produksi Rumput Laut Tarakan

Selasa, Juli 9th 2019. | Artikel, Citizen Journalism, Ekonomi & Bisnis

PRODUKSI RUMPUT LAUT TARAKAN

SUCI ARIANI S.Si.,M.T.

Dosen Jurusan Akuntansi

YAYASAN WELAS ASIH KALTARA

POLITEKNIK BISNIS KALTARA

Jln. Gajah Mada RT. 5 No. 17 A-B Karang Anyar Pantai, Kecamatan Tarakan Barat

Kota Tarakan  – Provinsi Kalimantan Utara Telp.  (0551) 32222  ||  Fax.35666 .

| Email: [email protected]gmail.com

Saat ini, rumput laut dapat dijadikan produk yang dapat dijual ke berbagai tempat . Industri rumput laut menjadi salah satu produk andalan bagi upaya pengembangan  usaha skala kecil dan menengah yang sering disebut sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM).

Salah satu contoh industri rumput laut yang ada di Tarakan adalah Ar-Raihan. Pengelola dari industri rumput laut Ar-Raihan  adalah Ibu Euis Mulyati dan Bapak Arsyad beserta warga sekitar .Namun ada juga mahasiswa/i yang sedang melaksanakan program magang ikut ambil bagian dari proses produksi rumput laut ini. Papan nama untuk industri rumput laut Ar-raihan.

Langkah awal produksi rumput laut adalah pengambilan.  Pengambilan rumput laut dilakukan dengan cara dibentang, yaitu dipasang tali di laut. Selanjutnya adalah ditanam selama 45 hari , kemudian dipanen  lalu dijemur. Langkah kedua produksi rumput laut adalah penjemuran.  Penjemuran dilakukan dengan cara rumput laut ditaruh di sebuah wadah  agar airnya mengalir.

Selanjutnya rumput laut dioven pakai plastik bening selama satu hari , ketika sudah putih baru dibuka kemudian dijemur. Kalau mataharinya bagus, maka selama 2-3 hari  hasil panen dibawa ke rumah lalu dicuci  . Langkah ketiga adalah pencucian. Pencucian dilakukan  dengan cara rumput laut dicuci sampai air pencuciannya jernih. Setelah itu direndam selama 5 hari pakai air beras/ tepung beras agar bau amisnya hilang. Kemudian, setiap pagi rumput laut dibersihkan . Selanjutnya diblender baru diolah menjadi produk.

Ada berbagai macam produk yang telah dihasilkan dari industri rumput laut Ar-Raihan di Tarakan ini. Contoh produk olahan rumput laut khas Tarakan adalah dodol, brownies, nugget, krupuk, pilus, pangsit, coklat jelly, ekado, sosis, dan bakso. Produk yang paling diminati di pasaran adalah dodol rumput laut dan chip nori. Jika membeli langsung dengan bu Euis, maka harga untuk chip nori adalah Rp 12.000,-, harga dodol adalah Rp 13.000,-, dan harga pillus adalah Rp 17.000,-. Jika penjualan produk rumput laut ini sedang laris dipasaran, maka pendapatan bersih dari Bu Euis bisa mencapai Rp 3.000.000,- per bulannya.

Pemasaran produk olahan rumput laut Ar-raihan ini dapat ditemukan antara lain di daerah pasar batu,  dan milo. Bisa juga lewat pameran Apeksi. Salah satu peminat produk olahan rumput laut ini adalah Pertamina yang pernah memesan 50 kotak untuk oleh-oleh atau sebanyak 2 kg. Namun ada juga peminat dari tamu  luar kota yang berkunjung ke Tarakan dan menjadikan produk olahan rumput laut sebagai oleh-oleh.

Kendala pemasaran yang dihadapi oleh Bu Euis salah satunya adalah bagasi pesawat yang kini berbayar. Dengan adanya bagasi pesawat berbayar, maka Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti Bu Euis ini jalan di tempat dikarenakan ongkos kirim yang mahal. Ongkos kirim ini naik sampai lebih dari Rp 1.000.000,-.Untuk kedepannya diharapkan produk olahan rumput laut ini tidak jalan di tempat dan bisa terus berkembang sehingga menjadi salah satu sumber pemasukan bagi warga yang berkiprah dalam bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti Bu Euis Mulyati dan warga sekitarnya. **

tags: ,

Related For Produksi Rumput Laut Tarakan