wisata-kaltara

45 Napi Dapat Remisi Dihari Natal, 3 Langsung Bebas

Saturday, December 24th 2016. | Headline, Tarakan

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II Tarakan yakni Fernando, Bc, IP, SH

TARAKAN, MK – Sebanyak 45 narapidana yang ada di dalam Lembaga Pemsyarakatan (Lapas) Kelas II A Tarakan, akan mendapat remisi hari natal. Dari 45 narapidana itu, 3 diantaranya langsung bebas.

Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Tarakan, Fernando Kloer mengatakan, dari 986 warga binaan yang ada di dalam lapas, 75 diantaranya merupakan umat kristiani. Namun tidak semuanya mendapat remisi natal.

Ia beralasan dari 75 orang itu ada yang statusnya masih tahanan dan memang belum saatnya mendapatkan remisi. Untuk memberikan remisi terhadap seorang narapidana ada langkah yang perlu dilihat lagi. Yang pertama, warga binaan itu statusnya harus narapidana bukan tahanan. Kemudian, selama 6 bulan berada di dalam lapas dapat menunjukkan kelakuan baiknya.

“Kita berikan remisi hari ini, Minggu (25/12) tepat pada hari natal” ujar Fernando saat dikonfirmasi melalui via sms kepada Metro Kaltara, Sabtu   (24/12)

Ia menuturkan Narapidana yang mendapat remisi itu bermacam-macam kasusnya. Mulai dari pembunuhan, pencurian, Undang-Undang  perlindungan anak, laka lantas, penggelapan atau penipuan, dan ada juga kasus narkoba.

Menjelang perayaan natal dan tahun baru ini, Lapas Kelas II A Tarakan dalam kondisi aman terkendala dan kondusif. Ia juga meminta dukungan doa dari masyarakat Tarakan agar tidak terjadi hal-hal yang dapat memicu kerusuhan, keributan hingga tindak anarkisme di dalam lapas.

“Kalau tahanan itu belum inkrah dari pengadilan. Sifatnya masih titipan baik dari Polres, Kejari dan lainnya. Saya sebagai kepala lapas Tarakan telah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga keamanan dan kestabilitasan di dalam lapas. Walaupun dengan keterbatasan sarana dan prasarana pendukung”  harapnya. (ars)

tags: ,

Related For 45 Napi Dapat Remisi Dihari Natal, 3 Langsung Bebas