wisata-kaltara

64 Personel Penerbangan Jalani Tes Urin di Bandara Juwata Tarakan

Tuesday, January 17th 2017. | Headline, Tarakan

Tampak petugas dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melakukan tes urin di Bandara Juwata Tarakan (17/01)

Tarakan, MK – Menindaklanjuti hasil sosialisasi kesiapan dan kesehatan personel penerbangan sebelum mengoperasikan pesawat udara oleh Mentri Perhubungan pada (13/01). Balai Kesehatan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Pagi tadi, melakukan Rampcheck (Tes Urine) kepada seluruh awak maskapai penerbangan, baik Pilot/Kapten, maupun personel lainnya seperti co Pilot dan Pramugari serta Pramugara.

Pengecekan urine untuk melihat hasil positif/negatif mengandung Narkotika yang sengaja dilakukan mendadak ini menyasar ke seluruh jam penerbangan yang ada di Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan, baik Pesawat datang, maupun yang akan take off atau berangkat.

Selain sebagai prosedur yang memang ditetapkan di dalam peraturan, upaya rampcheck ini juga dikatakan sebagai langkah untuk meminimalisir pelanggaran yang belakangan sering muncul ke dunia penerbangan, baik yang dilakukan oleh oknum Pilot/CoPilot maupun crew/personel maskapai lainnya seperti pramugari dan pramugara.

Rampcheck yang digelar di Bandara Udara Internasional Juwata Tarakan kali ini dilakukan oleh satu tim terdiri dari Empat orang dengan dipimpin oleh Dokter Dyah Purwaningrum serta satu orang dari Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) kesemuanya berasal dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan.

Sebanyak 64 personel penerbangan telah diambil sample urinnya, kemudian diperiksa menggunakan alat Multi Drugs Abuse Rapid Test atau alat tes narkoba, dan menunjukkan hasil negatif mengandung zat amphetamine, metamphetamine, kokain, ganja, benzodiazepine, dan morphin atau zat yang terkandung dalam obat-obatan terlarang (narkoba).

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tiga bulan atau 6 bulan sekali, baik oleh tim Hatpen, ataupun Otoritas Bandara. Ia juga berharap ramp check tidak hanya difokuskan kepada personel penerbangan, tetapi juga seluruh pegawai Bandar Udara dan Ground Handling,” ujar Kepala Bandara Internasional Juwata Tarakan, Hemi Pamuraharjo kepada Metro Kaltara, Selasa (17/01) (ars)

tags:

Related For 64 Personel Penerbangan Jalani Tes Urin di Bandara Juwata Tarakan