Gambar-Gif

861 Kendaraan Ditilang Selama Operasi Zebra

Wednesday, November 15th 2017. | Headline, Tarakan
- wisata-kaltara -

Tampak kegiatan Operasi Zebra yang gelar Satlantas Polres Tarakan

Tarakan, MK – Sebanyak 861 orang pelanggar ditilang Satuan Lalu Lintas (Satlantas)Polres Tarakan  selama Operasi Zebra yang dilaksankan sejak tanggal 1 sampai dengan 14 Novemver 2017. Angka tersebut jauh meningkat dibandikan tahun 2016 yang hanya mencapai 199 pelanggaran.

Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Supit, SIK melalui Kasat Lantas AKP Sarwidodo menjelaskan dari hasil penindakan dilapangan, perbandingan antara 2016 dengan 2017 mengalami peningkatan yang relatif signifikan.

“Misalnya kegiatan teguran tertulis, pada 2016  sebanyak 128 teguran sedangkan 2017 mencapai 462 teguran, kemudian pengaturan turjawali 484 menjadi 576. Sedangkan untuk tilang sendiri, 2016 sebanyak  199 tilang, tahun 2017 mencapai 861 tilang,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Rabu (15/11)

“861 itu hanya mulai dari tanggal 1 sampai 14 november yang berahir tadi malam pukul 00.00 Wita. Mayoritas pelanggaran terbagi dari beberapa bagian, mulai dari penggunaan helm, melanggar marka, rambu-rambu, melawan arus, dan melebihi muatan kendaraan, ada sebagian juga beberapa surat-surat,” bebernya.

Ia menambahkan, untuk kecelakaan lalu lintas, pada tahun 2016 terdapat dua kecelakaan sedangkan tahun ini hanya terjadi satu kecelakaan. Sementara untuk pelanggaran dengan membawa senjata tajam, hanya terdapat satu orang dan telah diserahkan ke Unit Satreskrim untuk ditindaklanjuti.

Menurut Sarwidodo, adanya peningkatan jumlah pelanggaran tahun ini disebabkan kesadaran masyarakat dalam berkendara masing kurang. Selain itu, pihaknya juga betul-betul masksimal, serta pelaksanaan Operasi Zebra tahun ini lebih banyak hunting daripada stasioner.

“Kalau misalnya ada kenaikan, karena pelaksanakan itu kita lakukan pagi, siang, dan malam, sehingga betul-betul kita laksanakan secara maksimal. Banyak masyarakat yang terjaring karena pelaksanaannya dilaksanakan lebih banyak hunting daripada stasioner,” terangnya

“Memang ada juga tempat-tempat tertentu yang kita laksanakan secara stasioner seperti di simpang keramat. Disitu kita laksanakan stasioner karena memang ada titik pertemuan, kalau kearah ke Juwata, karena itu satu jalur kita laksanakan sistem hunting,” tutupnya. (ars)

tags: , ,

Related For 861 Kendaraan Ditilang Selama Operasi Zebra