Airbus Lirik Investasi di Batam

Kamis, April 4th 2019. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Nasional

Batam: Airbus SE, produsen pesawat komersial yang berbasis di Toulouse, Prancis berniat berinvestasi di Batam, Kepulauan Riau. Airbus membidik Hang Nadim sebagai kawasan investasi di sektor logistik.


Belasan diplomat kumpul di Batam dan menjajaki investasi di Pulau Batam, Kamis, 4 April 2019. Medcom.id/Anwar Sadat Guna

Prancis mengutus tim teknis untuk melihat langsung potensi kawasan Bandara Hang Nadim Batam. Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Edy Putra Irawady menyebut, 11 diplomat dari beberapa negara berkunjung ke lembaganya di Gedung IT Centre BP Batam, Kota Batam, Kamis, 4 April 2019.  

Pengembangan kawasan Bandara Hang Nadim masuk dalam proyeksi investasi di Batam. Salah satunya, Bandara Hang Nadim yang akan dikembangkan sebagai kawasan investasi aero logistic, seperti transportasi, kargo dan logistik.

“Batam akan kita kembangkan sebagai pusat logistik. Dan Prancis salah satu investor yang berminat menanamkan investasinya di sektor jasa tersebut,” ungkap Edy.

Beberapa negara juga sudah mengajukan penawaran untuk mengembangkan Hang Nadim sebagai logistics aerocity atau pusat logistik udara. Di antaranya Prancis, Jerman, dan Swiss. Selain bandara, beberapa investasi di sektor jasa lainnya juga akan dikembangkan.

Rusia merupakan negara yang tertarik mengembangkan sektor pariwisata Batam. Dubes Rusia untuk Indonesia datang langsung ke Batam menjajaki peluang investasi pariwisata di Batam.

“Rusia tertarik menanamkan investasinya di sektor pariwisata. Sebagai wilayah kepulauan, kita memiliki sekitar 7 pulau sekitar Batam yang juga memiliki potensi dikembangkan sebagai kawasan wisata,” ujarnya.

Untuk mengarap dan mengembangkan sektor pariwisata tersebut, Rusia juga berminat mendatangkan kapal pesiarnya ke Batam. “Termasuk juga kami hadir di Rusia untuk mempromosikan Batam dan bisa mendirect wisman mereka datang ke Batam,” ungkap Edy.     

Asuransi, keuangan, kesehatan dan pendidikan juga menjadi beberapa sektor jasa yang dilirik. Dalam dua bulan ke depan, BP Batam menargetkan investasi sebesar USD66 juta atau sekitar Rp6,91 miliar.

Perwakilan diplomat yang hadir di antaranya, Singapura, Rusia, Johor Bahru, Ghuanzou (China), Prancis, dan beberapa negara lainnya.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Ludmila Vorobieva mengatakan, wilayah Batam memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan sebagai kawasan tujuan investasi. Ada beberapa sektor atau bidang yang menarik sebagai tujuan investasi, di antaranya sektor jasa. Terutramna pariwisata.  

“Dengan potensi yang dimiliki Batam, ini memungkinkan bagi kami untuk berinvestasi di pulau Batam. Ada beberapa sektor jasa, di antaranya pariwisata yang menarik untuk dikembangkan. Dengan kerja sama ini, bisa meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia,” ujarnya.

Sumber: Medcom.id

tags: , ,

Related For Airbus Lirik Investasi di Batam