wisata-kaltara

Akhirnya…. KM Lambelu Bisa Berlayar Lagi

Wednesday, October 26th 2016. | Headline, Tarakan
img_9110

KM Lambelu yang sempat kandas selama empat hari

Tarakan, MK – Tepat pukul 15.15 Wita  Kapal KM Lambelu yang kandas diperairan Tanjung Pasir, Tarakan pada Sabtu 22/10 lalu akhirnya bisa meninggalkan lokasi tumpukan pasir (gusung)  tempat dimana ia kandas saat  menuju Pelabuhan Nunukan.

Sebelumnya Kapal yang kandas selama empat hari itu tidak serta merta melakukan olah gerak begitu saja. Melainkan tim penyelam yang berjumlah delapan orang terdiri dari Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Lantamal XIII Tarakan, dan Badan Sar Nasional  terlebih dulu melakukan penyelaman selama kurang lebih  tiga jam.

“Kita sudah mekakukan penyelaman sejak pukul 10.00 Wita sampai 12.30 Wita, setelah itu melaksanakan pemaparan kepada Nahkoda, setelah dievalusi dan dinyatakan kapal tidak ada kebocoran maka nahkoda bersama kita melaksanakan koordinasi kemudian disepakati untuk melaksanakan olah gerak” ujar Abdul Rahman, Kepala KSOP Tarakan kepada Metro Kaltara, Rabu (26/10)

“Olah gerak dilaksanakan sekitar pukul 15.00 Wita dan Kapal bisa bergerak pukul 15.15 Wita. Selanjutnya besok kapal akan dilakukan penyelaman kembali, diyakinkan kembali apakah kapal mengalami kebocoran atau tidak” bebebrnya.

lebih lanjut ia menjelaskan bahwa untuk penyelaman esok hari, itu dilakukan oleh Badan Klasifikasi Indonesia (BKI) Pusat karena pihak tersebut yang berhak menyatakan Kapal KM Lambelu bisa beroperasi kembali. Sementara itu posisi Kapal KM Lambelu saat ini telah berada di sekitar Pelabuhan Maludung.

“Tapi yang akan melaksanakan penyelaman dari BKI karena pihak BKI lah yang menyatakan Kapala kan layak kembali” jelasnya. (ars)

tags:

Related For Akhirnya…. KM Lambelu Bisa Berlayar Lagi