Anggota Polisi Terlibat Pilkada, Sanksi Berat Menanti

Jumat, Desember 22nd 2017. | Headline, Tarakan

Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Michael Hence Royke Supit, S.I.K

Tarakan, MK – Menjelang pemilihan walikota (pilwali) Tarakan tahun 2018 mendatang, aparat kepolisian di lingkungan Polres Tarakan diminta untuk tidak terlibat berpolitik pada perhelatan lima tahun sekali tersebut.

Hal itu disampaikan Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Supit agar anggotanya tetap netral dalam pilkada. Dirinya memastikan apabila ada anggota yang terlibat dalam pilwai maka akan diberikan sanksi tegas. “Memang aturanya polri harus netral, kalau ada yang tidak netral maka sudah jelas ada sanksinya,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Jumat (22/12)

Ia menegaskan semua anggota polri sudah tahu bahwa dilarang keras untuk terlibat didalam pilkada. Untuk itu, pihaknya tidak akan memberikan toleransi kepada anggota polri yang terlibat didalam pilkada.

“Untuk sanksinya tergantung sampai dimana ia pelanggaran itu. Kalau memang akan diberikan tindakan disiplin maka akan kita disiplinkan, kalau memang kode etik ya kita kenakan kode etik, bahkan bisa sampai pidana,” tegasnya.

Diakuinya, terlibatnya anggota polri dalam pilkada bukanlah hal yang lumrah. Bahkan di seluruh Indonesia, ada beberapa anggota polri yang berpangkat perwira menengah didapati terlibat dalam pilkada. Maka dari itu, ia menyakini anggotanya sudah tahu kosenkuensinya jika terlibat.

Disamping itu masyatakat juga diminta berperan aktif melihat apakah ada anggota polri yang ikut terlibat. Jika didapati, lanjutnya, maka masyarakat bisa segera melaporkan kepada pihaknya. “Masyarakat yang melaporkan harus menyertakan bukti juga, karena begitu dilaporkan maka kita segera cari bukti-bukti lainnya,” terangnya.

Terkiat dengan istri dari anggota polri yang mempunyai hak untuk memilih, ucap kapolres, para anggota polri juga tidak memiliki hak untuk mengintervensi istrinya untuk memilih pasangan calon. “Memang tidak boleh karena itu kebebasan dari bayangkari,” tutupnya. (ars)

tags: , ,

Related For Anggota Polisi Terlibat Pilkada, Sanksi Berat Menanti