Angkat Pangan Lokal Dinas Ketahanan Pangan Gelar B2SA

Kamis, Maret 28th 2019. | Ekonomi & Bisnis, Malinau

MALINAU, MK – Guna mengangkat pangan lokal daerah, yang dapat dijadikan sebagai menu utama atau pendamping yang memenuhi syarat sehat dan bergizi, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malinau menggelar lomba cipta menu pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal tingkat Malinau.

Lomba yang diikuti oleh TP PKK 5 Kecamatan tersebut dibuka langsung Kepala Dinas Ketahanan pangan Kabupaten Malinau, Giram Barshobedie pada Kamis (28/3) di Kantor Kecamatan Malinau kota.

Dikatakannya, lomba cipta menu pangan beragam bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal merupakan agenda yang setiap tahun dilaksanakan dengan mengajak TP PKK Kabupaten Malinau.

“Jadi kita bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Malinau. untuk bisa menggelar lomba cipta menu ini,” kata Giram kepada koran kaltara saat ditemui usai membuka kegiatan lomba tersebut.

Dia mengungkapkan, bahwa peserta lomba sebenarnya ada 6 Kecamatan. Hanya saja, satu kecamatan yang tidak ikut serta dikarenakan berhalangan.

“Yaitu Kecamatan mentarang. Sehingga hanya ada lima kecamatan saja yang mengikuti,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskannya, lomba cipta menu ini salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pangan yang dapat dikonsumsi setiap keluarga yang dimulai dari peran ibu PKK yang ada di setiap Kecamatan.

“Minimal dari mereka dulu sebagai penggeraknya untuk meningkatkan kualitas pangan dalam menunjang hidup sehat, aktif dan produktif,” jelasnya.

Hal yang ingin dicapai dalam lomba cipta menu ini, diakuinya, bagaimana peran dari PKK setiap Kecamatan dapat mengedukasikan ke setiap masyarakatnya masing-masing dengan menggunakan menu pangan lokal tersebut.

“Paling tidak mereka bisa memahami dan menerapkan prinsip B2SA ini ke tengah-tengah masyarakat. Sasarannya PKK Desa dan tingkat RT,” ujarnya.

Minimal, sambung dia, dapat mendorong masyarakat di wilayah untuk dapat berkreatifias dalam mengembangkan menu-menu B2SA dari hasil pangan atau produksi pertanian setempat.

“Jadi kami berharap peran dari PKK dari tingkat Kecamatan, Desa terus menerapkan B2SA. Terutama dilingkungan keluarganya dulu dengan menu tiga jenis, dari pagi, siang dan malam,” bebernya.

Adapun out put dari lomba cipta menu itu sendiri, diyakininya akan memenuhi gizi ditengah masyarakat dengan pemenuhan dari pangan lokal.

“Karena pangan lokal ini memiliki karbohidrat selain beras. Seperti Ubi rambat, ubi kayu (singkong). Dan juga mengandung protein maupun vitamin serta mineral,” jelasnya.

Diakuinya, dalam penerapan B2SA ini belum begitu optimal atau belum tersentuh di masyarakat yang paling dasar.

“Meski begitu, kita harus memberikan percontohan dulu melalui dari ibu PKK ini untuk bisa menerapkan di lingkungan keluarganya dulu. Paling tidak bagaimana di dalam keluarga itu harus terpenuhi zat gizi yang bervariasi. Intinya itu lima sehat sempurna,” pungkasnya. (Humas)

tags:

Related For Angkat Pangan Lokal Dinas Ketahanan Pangan Gelar B2SA