Awal Tahun, Bupati Malinau Menggelar Sidak Untuk Melihat Tingkat Kedisiplinan Aparatur di Pemkab Malinau

Kamis, Januari 3rd 2019. | Malinau

MALINAU, MK – Memasuki hari pertama kerja pasca perayaan Tahun Baru 2019. Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau Drs. Hendris Damus, M.Si, Asisten Administrasi Umum Drs. H. Edy Marwan, M.Si dan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Jemi, SH,M.Si langsung menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke kantor — kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau, Rabu (2/1).

Bupati dalam sidaknya yang berlangsung sejak pukul 08.00 — 12.30 Wita kala itu satu persatu mengecek absensi kehadiran para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan aparatur lainnya di masing-masing OPD. Dengan raut wajah yang santai dan murah senyum, Bupati yang akrab disapa Yansen ini sembari menjelaskan tentang tujuan digelarnya sidak ke OPD di Pemkab Malinau.

Dalam penjelasannya, Bupati tak lain ingin memastikan tentang kedisiplinan ASN dan aparatur di Pemkab Malinau. Pasalnya, di hari pertama kerja ini bisa menjadi acuannya dalam melihat tingkat kedisiplinan aparatur yang dinahkodainya. Dan itu sejatinya bukan kali pertama ini saja. Melainkan, di tahun-tahun sebelumnya juga pernah melakukan hal yang serupa.

Tak hanya itu, Bupati dalam sidaknya itu secara langsung juga memberikan pengarahan kepada aparaturnya terkait pentingnya tertanam sifat disiplin dalam diri. Menurut Bupati, aparatur yang disiplin tentu akan mendapatkan buah dari kedisiplinannya kelak. Begitu pula sebaliknya bagi aparatur yang tak disiplin. Maka, buah itu yang akan diperolehnya.

“Tidak ada seorang yang berhasil menjadi pemimpin bila tidak ada sifat disiplin dalam diri. Artinya apa? sifat disipilin ini erat kaitannya dengan keberhasilan yang akan datang. Itulah mengapa melalui agenda ini perlu saling mengevaluasi diri masing-masing aparatur, ungkap Bupati di sela-sela dirinya melihat absensi yang ada di OPD Pemkab Malinau.

Lebih lanjut, mengenai aparatur yang dalam sidak ternyata sudah dengan baik menjalankan suatu kewajibannya. Maka, Bupati tak segan melontarkan apresiasi yang begitu tinggi. Karena mereka diyakini akan menjadi seorang pemimpin-pemimpin di daerah ini. Untuk itu, Bupati mengimbau agar sifat aparatur itu dapat terus dijaga dan ditingkatkan.

“Ubah perilaku-perilaku yang kurang baik yang masih ada selama ini. Di 2019 kita harus menjadi bagian orang-orang yang lebih berguna bagi daerah ini dan bangsa serta negara tercinta ini, ujarnya.

Di sisi lain, Bupati mengharapkan kepada OPD yang ada di Pemkab Malinau. Yang mana, kedepan harus mampu untuk terus bekreasi dan inovasi. Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) OPD harus benar-benar dijalankan dengan baik. Sehingga masyarakat di Kabupaten Malinau ini dapat merasakan kehadiran OPD itu di tengah-tengah mereka.

“Kenali tupoksi masing-masing OPD. Tahun ini harus berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, harapnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan sidak ke OPD ini juga secara bersamaan digelar oleh Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd, M.Si di Gedung Gabungan Dinas (Gadis). Kemudian, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Padan Impung, S.Pd, M.Si di 4 kecamatan. Terkahir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Ernest Silvanus, S.Pi,MM di dinas luar komplek pemda (Sekretariat Dewan, DPUPR,Pol PP dan DLHD).(hms)

tags:

Related For Awal Tahun, Bupati Malinau Menggelar Sidak Untuk Melihat Tingkat Kedisiplinan Aparatur di Pemkab Malinau