wisata-kaltara

Awas, Ada Mortir Aktif Ditambang Pasir Juata Kerikil

Mon, May 2nd 2016. | Hukum & Kriminal, Kaltara, Tarakan
Dua personil Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Kaltim saat mengamankan mortir temuan warga seberat 15 kilogram.

Dua personil Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Kaltim saat mengamankan mortir temuan warga seberat 15 kilogram.

Tarakan, MK – Mortir peninggalan perang dunia (PD) II dengan berat 15 kg kembali ditemukan oleh Saripuddin ditambang pasir yang tak jauh dari gudang bahan peledak milik PT Pertamina RT. 02, Kelurahan Juata Kerikil, Minggu (1/5) sekitar pukul 10.00 Wita.

Ia menceritakan penemuan mortir itu ketika dirinya tengah melakukan penambangan pasir saat menggali pasir dipinggir sungai. Skop yang digunakannya membentur benda keras. Bukannya berhenti, dirinya justru menggali lebih dalam hingga akhirnya benda keras yang digalinya terlihat seperti sebuah mortir.

“Begitu mengetahui kalau mortir, saya langsung melaporkan temuan tersebut kepada satpam di pos penjagaan gudang bahan peledak PT. Pertamina,” jelasnya.

Sarifudin bersama satpam langsung melaporkan temuan tersebut ke Polres Tarakan dan diteruskan ke Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Kaltim. Komandan Detasemen (Kaden) Pelopor C Satbrimob Polda Kaltim AKBP Henzly Moningkey melalui Panit I Subden IV Gegana Satbrimob Polda Kaltim, Ipda Moh Nur Sugiharto membenarkan adanya penemuan mortir dengan berat sekitar 15 Kg.

“Sebelum dilaporkan ke Polres Tarakan, mortir peninggalan PD II ini sempat dipindahkan oleh satpam pos gudang bahan peledak ditempat yang aman, jadi kami tinggal mengeksekusi saja,” jelasnya.

Bom yang diduga masih aktif memiliki diameter lingkar depan 34 cm, belakang 45 cm, panjang 46 cm dan berat mencapai  15 Kg. “Kalau dilihat dari jenisnya, mortir ini merupakan mortir udara. Sedangkan daya ledaknya sendiri kerusakan berat bisa mencapai 50 hingga 100 M². Sedangkan kerusakan ringan bisa mencapai 300 M²,” tegasnya.

Untuk mengatisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, lanjutnya Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda kaltim langsung mengamankan mortir tersebut ke Mako Brimob Tarakan. (id/MK*1)

tags: ,

Related For Awas, Ada Mortir Aktif Ditambang Pasir Juata Kerikil