wisata-kaltara
Gambar-Gif

Bahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2019, Pemkab Selenggarakan Forum OPD

Wednesday, March 14th 2018. | Malinau

MALINAU, MK – Dalam upayanya untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Malinau menyelengarakan Forum Organisasi Perangkat Daerah yang dilaksanakan pada Hari Rabu, 14 Maret 2018 di Ruang Tebengang Kantor Bupati Malinau.

Acara yang dikoordinir oleh Bappeda dan Litbang dihadiri oleh DPRD, OPD, Kecamatan, Instansi Vertikal, organisasi kemasyarakatan dan pemerintah desa dengan mengambil tema Dengan kreatiftas nasionalis kebangsaan kita wujudkan akselerasi transformasi pembangunan berbasis industri pertanian dan pariwisata dalam mensukseskan 3 program unggulan daerah melalui gerdema.

Drs. Kristian, M.Si Kepala Bapeda Malinau yang juga ketua panitia forum OPD menyebutkan bahwa Forum OPD bertujuan untuk membahas rancangan RKPD 2019 dalam rangka menyepakati prioritas pembangunan daerah dan menyepakati pagu anggaran dan target kinerja. “Dalam forum ini juga kita akan bersama-sama mempertajam indikator dan target kinerja serta mendapatkan masukan akhir untuk penyusunan RKP 2019” ungkap Drs. Kristian, M.Si.

Drs.Kristian, M.Si juga mengungkapkan bahwa dalam proses pembahasan antar OPD pada forum tersebut, Masing-masing OPD akan dikelompokan dalam desk sesuai dengan tugas dan fungsinya. Terkait dengan jumlah usulan kegiatan hasil musrbang kecamatan, Kepala Bapeda menyebut jumlahnya sebanyak 2.954 kegiatan.

“Dari rekapitulasi hasil musrenbang kecamatan, jumlah program ada sebanyak 274 program dengan 2.954 kegiatan. Tidak semua kita usulkan pada RAPBD Kabupaten tetapi ada juga yang kita usulkan ke APBN yaitu sebesar Rp. 878 M, diusulkan RAPBD Provinsi sebesar Rp. 1,23 T. Sedangkan Untuk usulan RAPBD jumlahnya sebesar Rp. 5,15 T” ungkap Drs. Kristian lebih lanjut.

Sementara itu Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dalam arahannya mengajak para peserta forum OPD untuk mengubah cara berpikir dan bertindak untuk mencapai kemajuan. “Kemajuan tidak akan kita dapat tanpa perubahan dalam cara berpikir dan bertindak. Ini kita perlukan dalam rangka mengatasi fenomena sosial yang ada dengan segenap kemampuan kita” tegas Bupati Malinau.

“Harus kita sadari bahwa pada akhirnya kita harus pertanggungjawabkan semua yang kita laksanakan kepada rakyat. Untuk itu Mari kita terus bekerja dengan baik sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada bangsa dan negara” ungkapnya lagi. Selanjutnya, Bupati Malinau juga meminta kepada OPD untuk terus konsisten pada prinsip-prinsip perencanaan yang baik dan benar.

“Konsistensi kita kepada prinsip-prinsip perencanaan yang benar menjadi modal kuat bagi pembangunan daerah.
Kita harus jadikan diri sebagai kekuatan dalam mewujudkan kemajuan Malinau kedepan. Harap kita pahami bahwa bukan lamanya waktu yang menentukan tetapi intensitas pemanfaatan waktu adalah yang paling penting dari proses pembangunan. Mari kita implementasikan tiga prinsip kerja yang menjadi landasan kita yaitu tulus, ikhlas dan bekerja keras” ungkap Dr. Yansen TP lebih jauh. (Diskominfo/MK*)

tags: , , ,

Related For Bahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2019, Pemkab Selenggarakan Forum OPD