wisata-kaltara

Banggar DPR Janji Tingkatkan Anggaran Perbatasan 2017

Saturday, August 6th 2016. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Kaltara, Nunukan

IMG-20160806-WA0014

NUNUKAN, MK – Badan Anggaran DPR RI berjanji akan meningkatkan anggaran pembangunan kawasan perbatasan melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2017. Hal ini dikemukakan, anggota Banggar DPR RI, Hetifah Syaifudian di Kabupaten Nunukan, setelah melakukan kunjungan di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Ia menilai, anggaran pembangunan berbagai sektor di wilayah perbatasan khususnya di Kecamatan Lumbis Ogong dimana kondisinya masih sangat terpencil dan terisolir telah mendesak untuk diwujudkan namun dengan kondisi anggaran saat ini tidak mengcukupi.

Legislator Fraksi Partai Golkar ini menjelaskan, perlunya mendorong pemerintah melalui kementerian dan lembaga (K/L) terkait untuk terus menggenjot pembangunan di wilayah perbatasan melalui peningkatan anggaran pusat.

“Kami akan mengupayakan meningkatkan anggaran pembangunan kawasan perbatasan khususnya di Kabupaten Nunukan ini karena masih banyaknya daerah-daerah yang terpencil dan terisolir jauh dari jangkauan dan kesulitan akses seperti di Kecamatan Lumbis Ogong ini,” ujar Hetifah Syaifudian.

Ia juga mengatakan, selain meningkatkan anggaran pembangunan juga akan mengupayakan peningkatan anggaran operasional K/L agar mobilitasnya lebih baik lagi pada masa yang akan datang.

Namun untuk rancangan APBN Perubahan (RAPBNP) 2016 ini, kata Hetifah Syafudian,  tidak mungkin lagi dapat dimasukkan mengingat membutuhkan waktu perancangannya karena penyusunan anggaran tidak mungkin sama dengan daerah lainnya.

Oleh karena itu, kata dia, DPR RI melalui Badan Anggaran bersama dengan KL terkait akan membahas soal perbatasan dan kebutuhannya mengingat kondisi kehidupan masyarakat di Kecamatan Lumbis Ogong masih sangat memprihatinkan akibat tidak adanya akses dengan daerah lain selain menggunakan jalur sungai.

Menurut pengamatan selama mengunjungi Kecamatan Lumbis Ogong, dia mengaku, sektor paling penting di wilayah itu adalah jalan dan jembatan, perkebunan, pertanian, pendidikan dan kesehatan ditambah listrik.

Ia juga mengatakan, pemerintah telah berjuang keras merealisasikan program Nawacita-nya dimana telah membangun jalan darat dari Mansalong Kecamatan Lumbis menuju Tau Lumbis Kecamatan Lumbis Ogong sepanjang 178 kilo meter.

Jalan darat tersebut saat ini sedang dikerjakan oleh prajurit TNI AD diperkirakan 146 kilo meter telah berhasil dibuka yang diharapkan keseluruhan rampung pada 2017 termasuk pembangunan puluhan jembatan.

Selain pembangunan jalan, pemerintahan Jokowi-JK telah membangun ratusan unit rumah lengkap dengan fasilitas bagi warga perbatasan di Desa Sinapad, Tau Lumbis dan Desa Panas. Rumah tersebut diberikan kepada warga secara gratis saat ini telah dihuni. (Man/Rz)

.

tags: ,

Related For Banggar DPR Janji Tingkatkan Anggaran Perbatasan 2017