wisata-kaltara

Bangun Infrastruktur untuk Mempersatukan Bangsa

Tuesday, December 4th 2018. | Advertorial, Kaltara
  • Wagub Irup Puncak Peringatan Harbak PU ke-73

HARI BAKTI PU : Wagub Kaltara H Udin Hianggio dan Kepala DPUPR-Perkim Kaltara Dr Suheriyatna berfoto bersama pemenang lomba foto dan futsal PU Cup 2018, Senin (3/12).

TANJUNG SELOR, MK – Puncak peringatan Hari Bakti (Harbak) Pekerjaan Umum (PU) yang ke-73, ditandai dengan upacara yang digelar di Lapangan Agatish, Tanjung Selor, Senin 03/12). Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) H Udin Hianggio.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wagub, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basuki Hadimuljono mengupas sejarah peringatan Harbak PU ke-73 yang dilandasi pada upaya perlawanan 21 pegawai PU menghadapi serangan pasukan sekutu yang ingin merebut Gedung Sate di Bandung pada 3 Desember 1945.

Gedung tersebut, saat itu adalah gedung Departemen Pekerjaan Umum. Dari perlawanan gigih itu, 7 pegawai PU gugur hingga akhirnya dikenal sebagai Pahlawan Sapta Taruna. “Kekompakan dan semangat juang yang luar biasa dari Pahlawan Sapta Taruna

tersebut selalu menjadi inspirasi setiap insan PUPR dalam menjalankan tugas, khususnya pada saat ini dimana pembangunan infrastruktur telah menjadi prioritas dalam rangka mengejar ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain,” kata H Udin.

Mengambil tema, “Bakti PUPR Bangun Infrastruktur Mempersatukan Bangsa”, Menteri PUPR mengajak semua pihak untuk terus bekerja sama dan menjaga kekompakan dalam menyelesaikan pembangunan infrastruktur yang merata hingga ujung pelosok wilayah Indonesia sebagai bentuk kehadiran pemerintah dan upaya mempersatukan bangsa.

Banyaknya capaian pembangunan infrastruktur saat ini, diharapkan tak membuai masyarakat juga Pemerintah Indonesia. “Hal ini jangan menjadikan kita cepat berpuas diri, tapi justru lebih berhati-hati dan bertanggung jawab atas setiap kebijakan dan langkah kita,” ungkapnya.

Untuk itu, terobosan baru dan lompatan harus dilakukan agar mampu bersaing dengan negara lain. “Ide kreatif dan inovatif harus dapat diimplementasikan. Dan, percepatan pembangunan infrastruktur hanya dapat dilakukan dengan dukungan hasil riset dan teknologi modern sehingga dihasilkan infrastruktur yang lebih berkualitas, cepat dan murah,” urai H Udin.

Selain upacara, juga dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang sejumlah lomba yang digelar Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Provinsi Kaltara. Yakni, lomba fotografi dan futsal PU CUP 2018. Pada lomba futsal PU Cup 2018, juara kedua diraih tim dari Biro Humas dan Protokol Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltara. Sementara sebagai juara umum, dari Dinas Kesehatan Kaltara.

Trofi dan piagam penghargaan diserahkan Wagub dengan didampingi Kepala DPUPR-Perkim Kaltara Dr Suheriyatna. (humas)

tags: ,

Related For Bangun Infrastruktur untuk Mempersatukan Bangsa