wisata-kaltara

Bank Indonesia Perwakilan Kaltara Buka BI Corner

Saturday, September 22nd 2018. | Citizen Journalism, Ekonomi & Bisnis, Headline, Malinau
  • Kerjasama dengan Perpusda dan Komunitas Gempur

Malinau, MK – Upaya meningkatkan literasi masyarakat merupakan tanggung jawab seluruh elemen baik pemerintah, masyarakat maupun swasta termasuk dunia perbankan yang ada. Atas dasar pemikiran tersebut, Bank Indonesia melalui mitra kerjanya yaitu Forum Guru Tapal Batas (FGTB) bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah membuka Pojok Bank Indonesia (BI Corner) di ruang perpustakaan daerah.

Dharmawati, M.Si, pembina FGTB dalam diskusi dengan Dinas Perpustakaan dan anggota Komunitas Gempur pada Sabtu (22/9) di Kantor Perpustakaan Daerah menyebutkan bahwa Bank Indonesia berkomitmen untuk bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa diantaranya adalah melalui literasi.

“Kami FGTB adalah mitra BI yang bertugas untuk mencari dan memetakan wilayah-wilayah yang memerlukan BI Corner. Kami berpikir Malinau ini layak untuk mendapatkan karena memang letaknya di perbatasan dan akses terhadap buku-buku juga relatif sulit. Selain itu di Malinau juga ada komunitas literasi yaitu Gempur (Gerakan Malinau Peduli Rakyat). Komunitas ini diperlukan untuk menggerakan atau meramaikan BI Corner ini. Kan sayang kalau ada BI Corner dengan display yang cukup mewah dan buku yang berkualitas hanya menjadi pajangan saja.
Seandainya di Malinau tidak ada komunitas literasi ini maka BI juga akan berpikir ulang untuk membuat BI Corner di Malinau” ungkap Dharmawati.

Dharmawati menyebut nilai bantuan dari BI untuk mendukung BI Corner sebesar Rp. 85 juta dalam bentuk barang diantaranya rak buku, meja, sofa, komputer, karpet dan buku-buku yang berkualitas.

Darmawati juga menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di BI Corner.
“Kita harapkan BI Corner ini bisa diresmikan sebelum akhir tahun ini. Jika sudah diresmikan nanti kita akan buat kegiatan-kegiatan literasi yang bisa menumbuhkan minta baca warga. Nah ini nanti teman-teman komunitas yang menggerakannya” beber Dharma.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malinau Lawing Liban, S.Sos, M.Si yang hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan apresiasinya atas rencana Bank Indonesia yang berinisiatif mengadakan BI Corner di Ruang Perpustakaan Daerah dalam rangka meningkatkan minat baca di Kabupaten Malinau

“Saya mengapresiasi langkah Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Utara yang akan membuka BI Corner di Perpusda. Tentu ini akan semakin menambah buku referensi yang ada. Harapannya juga bisa meningkatkan literasi melalui berbagai kegiatan yang nanti dilaksanakan bersama” ungkap Lawing.

Lawing juga menyebutkan beberapa kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan instansinya di masyarakat.

“Kegiatan Perpusda dalam meningkatkan minat baca di Kabupaten Malinau antara lain mengunjungi anak-anak di sekolah dengan dukungan mobil perpusatakaan untuk menumbuhkan minat baca. Selain itu kami juga bekerjasama dengan mitra dalm hal ini komunitas gempur melalui literasi bergerak yang mengunjungi desa-desa” jelas Lawing. (Diskominfo)

tags: ,

Related For Bank Indonesia Perwakilan Kaltara Buka BI Corner