Gambar-Gif

Barang Elektronik Jadi Modus Penyelundupan Sabu di Entikong

Thursday, January 28th 2016. | Hukum & Kriminal, Kalbar
- wisata-kaltara -
Barang bukti 11,2 kilogram sabu-sabu yang dirilist petugas dalam jumpa pers, belum lama ini.

Barang bukti 11,2 kilogram sabu-sabu yang dirilist petugas dalam jumpa pers, belum lama ini.

Pontianak, MK – Seorang warga Malaysia bernama Ong Bok Seong (66) dan Indonesia Hendry Gunawan (44) mencoba menyelundupkan sabu (Methamphetamin) lewat Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) Entikong Kabupaten Sanggau.

Untung saja, Petugas Bea dan Cukai berhasil menggagalkannya dan mengamankan sabu seberat 11,275 kilogram, Jumat (15/01) lalu.

Modus yang digunakan pelaku kali ini menyimban barang bukti di peralatan elektronik yang dibungkus menggunakan alumunium foil. Barang elektronik digunakan yakni casing CPU Komputer, boks speaker, perangkat water purifier, tempat penyimpanan dongkrak dalam bagasi minibus. Selain itu, juga di simpan dalam laci dashboard mobil dan kantong jok.

Kemudian boks persneling pun menjadi tempat kedua tersangka menyembunyikan barang haram yang rencananya akan dipasarkan di wilayah Kalbar.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Entikong, Tjertja Karja Adil kepada Metro Kaltara mengatakan, keberhasilan penangkapan ini merupakan kesigapan petugas yang bertugas di PPLB Entikong.

Keduanya memanfaatkan momen hari Jumat, dengan perkiraan banyak petugas akan longgar lantaran melaksanakan shalat Jumat. “Selain momen Jumat, mereka juga memanfaatkan PPLB Entikong yang sedang dalam perbaikan. Memang saat ini, perbaikan itu menjadi kendala dalam pengawasan. Makanya penangkapan ini, saya katakan merupakan kesigapan semua petugas yang bertugas di PPLB,” ungkapnya, ketika ditemui di Kanwil DJBC Kalimantan Bagian Kalbar, Rabu (27/1).

Kronologis penggagalan penyelundupan sabu ini, menurut Tjertja, berawal ketika pihaknya melakukan pemeriksaan seperti biasa dengan scan X-Ray, terhadap barang bawaan semua orang yang melintas di PPLB Entikong.

“Karena curiga dengan barang bawaan kedua tersangka ini, akhirnya kami langsung berkoordinasi dan bekerjasama dengan aparat Kepolisian serta TNI AD. Ternyata benar kita temukan paket sabu, yang disembunyikan dalam balang-barang elektronik,” bebernya.

Tidak cukup sampai disitu, pemeriksaan pun dilanjutkan pada mobil keduanya bernomor polisi KB 1066 HR. Yang kemudian, kembali pihaknya menemukan paket sabu, disembunyikan disetiap lubang-lubang atau daschboard mobil, sehingga jumlah total 12 paket sabu seberat 11,275 kilogram.

Modus seperti ini, lanjut Tjertja, sudah biasa ditemukan. Namun untuk mengantisipasi, maka pihaknya selalu mengupdate modus-modus terbaru yang digunakan pelaku. (lyn/sti)

tags:

Related For Barang Elektronik Jadi Modus Penyelundupan Sabu di Entikong