wisata-kaltara
Gambar-Gif

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 107 Ton Rotan Tujuan Malaysia

Friday, November 17th 2017. | Headline, Tarakan

Tampak kepala Kakanwali Bea Cukai Kalimantan bagian timur Agus Sudarmadi (kanan) melihat rotan di atas kapal KLM. A.L.M, Jumat (17/11)

Tarakan, MK – Satgas Patroli Laut Bea Cukai berhasil menindak sebuah kapal KLM. A.L.A bermuatan rotan yang akan diekspor ke Tawau, Malaysia, pada, selasa (07/11). Penindakan tersebutmerupakan hasil dari operasi WALLACEA 2 yang dikendalikan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Berawal dari imformasi intelejen yang diperoleh Satgas Patroli Laut Bea Cukai,  bahwa akan ada kapal bermuatan rotan yang berangkat dari Banjarmasin menuju Tawau, Malaysia. Menindaklanjuti imformasi tersebut, Satgas Patrolilaut Bea Cukai memperketat patroli diperairan Selat Sulawesi, Tarakan dan Nunukan.

“Dengan menggunakan Kapal Patroli Bea Cukai BC 30006, sekira pukul 23.45 wita, satgas patroli laut bea cukai menemukan kapal KLM A.L.A yang merupakan target operasi di perairan internasional perbatasan Sabah, Malaysia,” ujar Agus Sudarmadi, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur, kepada Metro Kaltara, Jumat (17/11)

Tampak kedua tersangka penyelundupan 107 ton rotan dari Banjarmasin menuju Tawau, Malaysia

Ia membeberkan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Satgas Patroli Laut Bea Cukai, didapati barang bukti berupa rotan sebanyak 107 ton. Tidak hanya itu, pelaku yakni nahkoda kapal dan ABK kapal berhasil ditahan.

“Dari imformai yang diberikan nahkoda, kapal tersebut berencana menyelundupkan rotan ke Tawau, Malaysia  dengan modus menggunakan dokumen palsu,” bebernya.

Agus menambahkan saat ini barang bukti berupa kapal yang mengangkut rotan telah diamankan di Pelabuhan Malundung, sedangkan untuk kedua tersangka telah ditahan Kantor Bea Cukai Tarakan guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Kerugian materil yakni mencapai delapan ratus juta rupiah, sedangkan keuda pelaku melanggar undang-undang nomor 17 tahun 2006 tentang kepabeanan serta melanggar peraturan mentri perdagangan nomor 35 tahun 2011 yang melarang mengekspor rotan, dengan ancaman minimal 5 tahun penjara,” tutupnya. (ars)

 

tags: , ,

Related For Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 107 Ton Rotan Tujuan Malaysia