Belum Disepakati, Ini Jumlah Anggaran Pengamanan Diajukan Polres Tarakan

Friday, January 5th 2018. | Headline, Kaltara, Tarakan

Kapolres Tarakan, AKBP Dearystone Supit, SIK

Tarakan, MK – Anggaran pengamanan pilkada yang disetujui Pemkot Tarakan diperkirakan hanya sebesar 2 milliar, jauh dari jumlah yang diusulkan Polres Tarakan yakni sebesar 9 milliar.  Saat dikonfirmasi, Kapolres Tarakan AKB  Dearystone Suipt, SIK mengaku pihaknya belum mengetahui terkait jumlah anggaran  yang diperuntukkan pada pengamanan pilkada.

“Kita juga belum dapat  imformasi yang pasti tentang berapa anggaran yang disetujui ini operasi sudah mulai anggaran untuk pemilukada sampai saat ini belum turun,” ujarya keada Metro Kaltara, Jumat (05/01)

Menurutnya, dengan anggaran sebesar 2 milliar tentu tidak cukup untuk pengamanan sekelas Pilwali. Apalagi jika terjadi konflik tentu pihaknya akan mendatangkan BKO dari luar  mengingat Tarakan meruakan pulau sehingga membutuhkan biaya yang cuku besar.

“Nah ini yg sebenarnya kita ajukan anggaran sehingga mencapai 9 milliar itu sudah termasuk TNI yang di BKO kan ke Polri tapi kalo mungkin hanya dua milliar, saya belum bisa menjawab sekarang apakah bisa melaksanakan pengamanan ataukah tidak,” terangnya

“Kita akan mencoba merevisi tapi kalau memang setelah kita revisi yang disesuaikan pengamanan itu berat, kita akan menyampaikan apa adanya, karena dari pemkot juga belum ada,” sambungnya.

Dikatakannya, anggaran sebesar 9 milliar dianggap tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan daerah lain yang juga melaksanakan pilkada. Selain itu, jumlah penduduknya tidak terlalu banyak dibandingkan dengan penduduk Tarakan.

“Kita melihat polres di Kaltim, kita melaksanakan pilkada itu anggarannya jauh leih besar sementara mereka tidak perlu mendatangka BKO melalui udara maupun lautr, jadi BKO darat  pun mereka sampai

“Pasti ada kerawanan apalagi sekarang masih meraba-raba, pasangan calon belum ada, belum pendaftaran, begitu ditetapkan jadi calon langsung diamankan, rumahnya pun diamankan, kemana dia pergi kita ikut mendamigi, 24 jam pokonya,” bebernya.

Sementara itu, Walikota Tarakan Ir. Sofyan Raga mengungkapkan tetap memprioritaskan jumlah anggaran pengamanan pilkada sesuai kebutuhan, sehingga jika ada kekurangan akan diupayakan dilakukan penambahan “Yang jelas sesusai kebutuhan, intinya itu, ini kan kepentingan negara harus diprioritaskan sesuai kebutuhan. Kalau ngga ditambah ngga jalan nanti,” ungkapnya. (ars)

tags: , ,

Related For Belum Disepakati, Ini Jumlah Anggaran Pengamanan Diajukan Polres Tarakan