Berkas Sudah di Kejaksaan, H Segera Disidang

Selasa, Februari 19th 2019. | Headline, Tanjung Selor
Kasat Reskrim Polres Bulungan AKP Gede Prasetya Adi Sasmita

TANJUNG SELOR, MK – Pasca melakukan rapat pembahasan ketiga oleh Sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) dalam hal ini Polres Bulungan, Bawaslu KTT, Kejaksaan Negeri Bulungan pada Senin (18/2/2019), akhirnya berkas perkara H sudah masuk tahap 1, bahkan berkas telah diserahkan penyidik ke Kejaksaan untuk dilakukan pemeriksaan.

Kapolres Bulungan AKBP Andreas Susanto Nugroho melalui Kasat Reskrim AKP Gede Prasetya Adi Sasmita mengaku terus melakukan koordinasi dengan tim Gakkumdu terkait dugaan tindak pidana pemilu dengan tersangka H. Dari hasil pembahasan tersebut, Bawaslu Tana Tidung menilai apa yang dilakukan H jelas mengarah ke tindak pidana pemilu dan melanggar pasal 521 Junto 280 Ayat 1 Huruf J UU No 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

“Dari kami, menyatakan hal yang sama dan meyakini layak untuk dilimpahkan. Terkait hal lainnya, kami yakin  pemenuhan pasal 184 Kitap Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) sudah terpenuhi dengan adanya dua alat bukti. Dengan hasil kesepakatan itu hari ini (kemarin,read) kita sudah lakukan tahap I,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Selasa (19/2).

Dikatakannya, dari Kejaksaan juga menyatakan sudah terpenuhi. Sejauh ini, belum ada kendala yang dialami dan semua berproses dengan baik. Ia berharap berkasnya segera P21 untuk melaksanakan tahap II sekaligus penyerahan tersangka serta barang bukti ke Kejaksaan. Sehingga, bisa dilanjutkan ke persidangan.

Kata Gede, sudah ada belasan saksi yang diperiksa, baik saksi yang meringankan ataupun memberatkan terlapor. “Kita terma masukan dari terlapor yang ingin saksi yang meringankan diperiksa. Kita sudah periksa.  Dan selanjutnya kita menunggu balasan dari Kejaksaan apakah P19 atau langsung P21. Kita harap bisa langsung P21,” jelasnya.

“Ketika sudah P21, kejaksaan mengeluarkan surat keterangan bahwa berkas dinyatakan legkap dan HE ini kita tidak lakukan penahanan karena hukumannya dibawah 5 tahun juga. BB belum kita kirim. Kita akan kirim setelah Tahap II,” terangnya.

Ia mengaku, sejauh ini komunikasi dengan pihak tersangka H yang merupakan calon anggota DPD RI 2019 Provinsi Kaltara baik saja. Ia menambahkan, terlapor tidak wajib hadir dalam pembahasan ke tiga. “Yang jelas, dalam hal pemanggilan terpenuhi. Ada jawaban atas pemanggilan dan juga ada pihak yang mewakili H,” tutupnya. (as)

tags: , , ,

Related For Berkas Sudah di Kejaksaan, H Segera Disidang