wisata-kaltara

Bernilai Ekonomi Lebih Dari 40 Milyar, IRAU ke-9 Sukses Gerakan Ekonomi Rakyat

Sunday, October 28th 2018. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Malinau

Malinau, MK – Pagelaran pesta budaya IRAU Kabupaten Malinau ke-9 tahun 2018 baru saja ditutup tadi malam (Sabtu, 27/10) oleh Bupati Malinau. Sederet nilai positip muncul di tengah kesuksesan Kabupaten Malinau menyelenggarkan event budaya terbesar di Kalimantan Utara dan masuk dalam 100 wonderfull event in Indonesia.

Tak hanya sukses menampilkan atraksi seni dan budaya, IRAU juga disebut banyak pihak telah sukses memperkuat persatuan dan kesatuan warga dengan berbagai latar belakang suku, agama dan budaya melalui penampilan seni budaya masing-masing suku dan paguyuban.

Tak kalah penting adalah nilai ekonomi yang tercipta dalam penyelenggaraan IRAU yang disebut Drs. Hendris Damus, M.Si selaku Ketua Panitia IRAU nilainya lebih dari 40 milyar rupiah. Angka itu berasal dari nilai penjualan para pelaku ekonomi di arena IRAU, yaitu pedagang, arena permainan anak-anak, stand OPD dan swasta, pembangunan stand dan arena IRAU, jasa transportasi, jasa perhotelan dan aktifitas ekonomi lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan IRAU ke-9 tahun 2018.

Panitia juga menyebutkan jumlah pengunjung IRAU sebanyak lebih dari 89 ribu warga yang berasal dari Malinau dan daerah lainnya yang setiap hari membanjiri Arena Pelangi Intimung.

Masripah Salah seorang pedagang kuliner dari Seluing menyebut bahwa IRAU tahun 2018 ini jauh lebih meriah dari sebelumnya. Dirinya juga mengaku mendapatkan keuntungan yang cukup besar meskipun harus membayar biaya sewa untuk menggelar dagangannya.

Senada dengan Masripah, Gatot salah seorang pengelolan arena permainan anak-anak juga mengaku mendapat keuntungan yang lumayan. Omset nya setiap hari lebih dari 10 juta rupiah.

Tak hanya pedagang yang meraup untung, para pemilik hotel juga mengaku mendapat berkah dari IRAU ini. Dari hasil survei Dinas Kominfo, seluruh hotel mengalami kenaikan tingkat hunian kamar yang signifikan. Bahkan 90 persen hotel kamarnya full terpakai selama pagelaran IRAU ke-9 tahun 2018.

Selanjutnya produk UMKM Malinau juga ludes terjual. Sejumlah stand kecamatan yang melakukan penjualan langsung juga mengaku produknya banyak dibeli pengunjung bahkan ada yang kehabisan stok. Produk yang dipasang distand kecamatan berasal dari desa-desa di wilayahnya. (Aan/Diskominfo)

tags: ,

Related For Bernilai Ekonomi Lebih Dari 40 Milyar, IRAU ke-9 Sukses Gerakan Ekonomi Rakyat