wisata-kaltara

Berusaha Kabur, Patugas Amankan Kurir dan Sabu 1.9 Kg

Tuesday, October 25th 2016. | Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan
img_9079

Petugas Bea Cukai dan Polres Tarakan saat menunjukan barang bukti sabu

Tarakan, MK – Satuan Reskrim Narkoba (Satreskoba) Polres Tarakan bekerjasama dengan Kantor Bea Cukai Tarakan berhasil menggagalkan sabu 2 kilogram (kg) asal Tawau, Malaysia dari tangan tersangka JM dan AH. Sabu seberat 2 kg ini didatangkan ke Tarakan mengunakan Speedboat Reguler Indomaya.

Penangkapan tersebut bermula saat Petugas Bea Cukai pada Jumat 21/10 mendapatkan info dan melakukan analisa intelejen bahwa akan ada kurir sabu yang datang menggunakan kapal Indomaya di Pelabuhan Malundung. Kemudian pada hari sabtu, petugas melakukan pemeriksaan terhadap 57 penumpang Kapal Indomaya.

 Alhasil petugas menemukan penumpang dengan garak gerik yang mencurikan dan menitipkan tas lalu mondar mandir di Dermaga.

 “Saat keadaan ramai, tersangka berusaha kabur menggunakan ojek, kemudian dilakukan pengejaran dan berhasil dilakukan penangkapan terhadap tersangka AH. Tersangka AH kemudian dibawa ke Kantor Bea dan Cukai untuk dilakukan pemeriksaan terhadap apa yang dibawa, dari hasil pemeriksaan di dapat enam paket plastik yang berisi Narkotika (sabu) dengan berat total 993,6 gram” ujar Agus Joko, Kepala Bea Cukai Tarakan kepada Metro Kaltara, (25/10).

Selanjutnya pihak Bea Cukai melakukan koordinasi dengan Satuan Reskrim Narkoba Polres Tarakan. Kemudian atas koordinasi itu, Satreskoba melakukan pengembangan terhadap tersangka AH. Selanjutnya personil Satreskoba yang dipimpin oleh Kasat Reskoba IPTU Simon Tammu, melakukan penggeledahan di Kamar 304 Hotel Garnd Taufik dan berhasil diamankan JM dan sebuah kunci kamar Hotel lain.

“JM kemudian diintrogasi, dari keterangan JM kunci tersebut merupakan kunci Kamar 103 Hotel Transit di Jln Yos Sudarso . selanjutnya dilakukan penggeledahan di kamar 103 dan berhasil ditemukan 6 bungkus plastik berisi Narkotika jenis sabu dengan 1,019 kg dan uang tunai Rp 2.950.000” ujar AKBP Dearystone Supit, Kapolres Tarakan

Saat ini kedua tersangka kini mendekam di Tahanan Polres Tarakan untuk dilakukan peyelidikan lebih lanjut. Berdasarkan barang bukti kedua tersangka tersangka dikenai Pasal 114 ayat 2 subsidir Pasal 112 junto Pasal 132 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman minimal lima tahun Penjara maksimal hukuman mati.(ars)

tags: ,

Related For Berusaha Kabur, Patugas Amankan Kurir dan Sabu 1.9 Kg