wisata-kaltara

BI Corner Diresmikan di Unikaltar

Monday, April 30th 2018. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Tanjung Selor

POTO : PENANDA TANGANAN OLEH PETINGGI BI DAN UNIKAL

TANJUNG SELOR, MK – Jumat, 27 April 2018 Bank Indonesia melalui kantor perwakilan Provinsi Kalimantan Utara  meresmikan BI Corner ke 472 tepatnya di Perpustakaan Universitas Kaltara, Tanjung Selor Provinsi Kalimantan Utara. Ratusan BI Coroner yang memiliki puluhan bahkan ratusan bahan bacaan ekonomi dan literasi lainnya ini tersebar di seluruh penjuru nusantara. Dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala, SE., M.Si, Rektor Universitas Kaltara Dr. Ir. Jabarsyah, M.Sc dan ratusan tamu undangan lainnya termasuk mahasiswa Universitas Kaltara ini disambut dengan antusias.

Bank Indonesia merupakan lembaga negara yang mendapat tugas untuk menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran serta mengatur dan menjaga stabilitas sistem keuangan yang semuanya bermuara pada satu tujuan yaitu untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Selain itu juga turut berperan membangun kecerdasan bangsa.

“Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan terhadap keberadaan dan peran Bank Indonesia terus  dilakukan melalui edukasi dan sosialisasi berkelanjutan. Salah satunya dengan menyediakan pojok baca atau yang disebut dengan BI Corner sebagai program nasional Bank Indonesia ‘Indonesia Cerdas’,” ujar Kepala Bank Indonesia (BI) KPw Kaltara, Hendik Sudaryanto dalam sambutannya belum lama ini.

Dalam jangka panjang, BI Croner ini diharapkan dapat hadir disetiap jenjang pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan menengah hingga Perguruan Tinggi, termasuk juga memperkuat peran perpustakaan milik Pemerintah Daerah. Dalam lima tahun mendatang diharapkan 1.000 (seribu) BI Corner dapat mewarnai seluruh Nusantara. “Saat ini, telah terbangun sebanyak 471 BI Corner di seluruh Indonesia, atau 472 bersama dengan BI Corner yang berada di perpustakaan Universitas Kaltara,” terangnya.

Ingkong Ala sendiri menyambut dengan positif dan beraharap keberadaan BI Corner ini dapat meningkatkan kualitas pustaka yang ada di kampus, sekaligus civitas akademika dapat mengakses dan memperoleh informasi terkini di bidang ekonomi dan keuangan di BI Corner yang akan menjadi bagian dari perpustakaan Universitas Kaltara.

Sementara itu Jabarsyah menyebutkan hal ini bukan kali pertama pihak Universitas Kaltara membangun kerjasama dengan Bank sentral itu. Sebelumnya pihaknya dan Bank Indonesia disebutkan cukup intens dalam berkomunikasi, berdiskusi dan berkoordinasi dalam hal khususnya perkembangan ekonomi dan potensi daerah di kaltara. Jabarsyah juga menyebutkan kerjasama lembaga vertical itu akan terus di lakukan di masa depan. Dirinya berharap sebagai salah universitas di Kaltara dapat dilibatkan dalam berbagai hal yang mampu menyumbangkan kebaikan bagi daerah.Selain peresmian BI Corner kegiatan juga diisi dengan Sosialisasi Kebanksentralan yang diikuti ratusan mahasiswa Universitas Kaltara dengan antusias (arz/ars).

tags: , , ,

Related For BI Corner Diresmikan di Unikaltar