wisata-kaltara

BNNP KALTARA, KESULITAN UNGKAP PEMILIK SABU 984 GRAM

Friday, August 31st 2018. | Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan

SAAT PRESS REALESE YANG DIADAKAN BNNP PADA BULAN JULY LALU

TARAKAN, MK – Dua tersangka kasus sabu sabu seberat 984 gram yang sudah didapati terbungkus dalam dua kotak sepatu rencananya akan di kirim ke Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Terus di kembangkan.

Menurut Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Ery Nursatari menuturkan sabu yang dikirim via cargo Bandara Juwata Tarakan ini dipesan oleh warga binaan lapas di Makassar berinisial SK.

“Kami belum periksa warga binaan Lapas Makassar, SK itu. nanti rencananya, dalam waktu dekat lah kita akan ke Makassar untuk melakukan pemeriksaan,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui via telepon celuler

Brigjend Ery mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Lapas Makassar terkait rencana pemeriksaan warga binaannya. Jika memungkinkan, SK akan dijemput dan dibawa ke Tarakan untuk dikonfrontir dengan DY dan NS. Sekaligus, nanti BNNP akan mengembangkan keterangan keduanya untuk mencari pelaku lain dalam perkara ini.

“Kita saat ini sedang dalam proses pemeriksaan perkara lain, sabu yang kita dapat di cargo juga, kan tersangkanya ada oknum polisi. Penyidik kita juga terbatas, makanya pelan-pelan lah penyidikan kita lakukan,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, setelah DY dan NS ditangkap karena terlibat pengiriman sabu via cargo, Juli lalu, dalam keterangan tersangka ini, sabu merupakan milik AB yang diketahui tinggal di Tawau, Malaysia.

AB kemudian memberikan sabu tersebut kepada kurirnya di Nunukan yakni RS untuk diantarkan kepada NS yang mengambilnya langsung dari Nunukan untuk dibawa ke Tarakan.

Setibanya di Tarakan, NS kemudian menyerahkan sabu kepada DW untuk dikemas lagi didalam sepatu dan dibungkus dalam kotak untuk dikirimkan ke Makassar melalui jasa pengiriman JNE.

Hingga akhirnya, pengiriman sabu yang diduga sudah kerap dilakukan kedua tersangka ini gagal, setelah petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Juwata Tarakan menemukan ada sabu yang tersembunyi didalam sepatu saat hendak dikirimkan.

Sabu ini terbagi dalam 20 bal yang dibungkus balon hitam kemudian dibungkus lagi menggunakan plastik karbon, dikemas lagi dengan kertas putih kemudian dimasukkan kedalam sepatu baru, setiap satu sepatu berisi 5 ball sabu yang masing-masing ball berisi 49 gram sabu.

Penyidikan sulit berkembang ke AB dan RS, karena komunikasi antara tersangka dengan keduanya terputus, nomor telepon dan akses penghubung ke dua orang ini juga tidak ada. Ditambah lagi, keterangan dari NS yang tidak mengetahui wajah RS karena selama ini hanya berkomunikasi lewat telepon.

Meskipun kesulitan mengungkap kasus tersebut, BNNP melakukan pengembangan ke penerima barang haram tersebut yang tidak adalah SK yang merupakan warga binaan di lapas yang ada di Makassar.(arz27)

tags: ,

Related For BNNP KALTARA, KESULITAN UNGKAP PEMILIK SABU 984 GRAM