wisata-kaltara

Bom radius ledak 2-3 Km di Evakuasi Menggunakan Excavator

Friday, November 18th 2016. | Headline, Tarakan
img_9948

Proses evakuasi bom yang dilakukan oleh Unit Jibom Subden 4 Satbrimobda Kaltim.

Tarakan, MK – Penemuan bom bekas perang dunia II yang berada dilokasi pengerukan proyek penanganan banjir Sebengkok, Kamis malam (16/11), sekira Pukul 21.40 Wita, telah dievakuasi oleh Unit Jibom Subden 4 Satbrimobda Kaltim.

Proses evakuasi yang dimulai sekitar Pukul 14.30 Wita oleh Unit Jibom Subden 4 Gegana berlangsung cukup lama. Hal itu disebabkan posisi roket yang berada didalam tumpukan tanah sehingga harus digali dengan sangat hati-hati mengingat bom tersebut masih aktif.

Bahkan, alat berat berupa ekskavator dikerahkan untuk mengeruk tanah disisi kanan roket. Sekitar Pukul 16.00 Wita, semua bodi roket mulai terlihat jelas. Setelah seluruh bodi roket terlihat, akhirnya petugas dari Tim Gegana mengikat roket itu menggunakan tali.

Ekskavator pun lalu diarahkan mengangkat roket itu kepermukaan untuk diarahkan ke mobil yang membawanya ke Mako Brimob di Pasir Putih, Kelurahan Karang Anyar. Sekitar pukul Pukul 17.00 Wita.

Panit I Subden 4 Gegana Satrimobda Kaltim, Ipda Moh Nur Sugiharto mengatakan, pihaknya mengetahui adanya temuan roket itu setelah pekerja PT Wika melaporkan temuan itu kepada Polres Tarakan, kemudian pihak Polres menyurati Kasat Brimob yang berada di Balikpapan.

“Selanjutnya kami koordinasi dengan Danyon Satbrimobda yang ada di Tarakan, Tim Gegana yang ada di Balikpapan, kami diperintahkan untuk mengevakuasi bom tersebut,” ujar Nur kepada Metro Kaltara, Jumat (18/11)

Ia menambahkan jenis bom tersebut sama dengan yang ditemukan beberapa waktu lalu dengan ukuran panjang 1,66 meter, diameter depan 83 cm, diameter 102 cm, dan berat sekitar 400 Kilogram serta masih aktif dengan Radius ledaknya, 2-3 KM.

Nur mengaku tidak ada kendala berarti yang dihadapi pihaknya, hanya saja posisi bom tersebut berdiri. Unit Jibom selalu berhati-hati dalam proses evakuasi, baik jenis apapun.

“Kita selalu hati-hati mengevakusi bom, baik itu bom bekas perang dunia II, atau bom jenis lainnya” akunya (ars)

 

tags:

Related For Bom radius ledak 2-3 Km di Evakuasi Menggunakan Excavator