wisata-kaltara

Bulungan Masuk Kategori Daerah Endemis Penyakit Kaki Gajah

Friday, September 23rd 2016. | Advertorial, Bulungan
img_20160923_1033441

Dr. Aryani Arsyad M.Kes dan Tim Kesehatan dari Dinkes Bulungan Saat Dialog Secara Langsung Di Radio Kaltara.

Aryani Arsyad: Survey Kemenkes Kabupaten Bulungan Endemis Penyakit Kaki Gajah

Bulungan, MK – Sesuai survei Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) pada 2014 lalu, Kabupaten Bulungan di tetapkan sebagai salah satu daerah endemis penyakit kaki gajah atau filariasis. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan, Dr. Hj. Aryani Arsyad. M.Kes, saat mengikuti dialog interaktif di Radio Kaltara fm pada jumat (23/9).

“Setelah di survei, salah satu daerah yang endemis penyakit kaki gajah itu Kabupaten Bulungan” ungkapnya.

Sesuai program yang sudah dicanangkan dibeberapa daerah endemis kaki gajah di Indonesia. maka akan dilakukan beberapa strategi untuk memutus rantai penularan penyakit tersebut. salah satunya dengan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) diseluruh Kabupaten/kota endemis penyakit kaki gajah.yang akan resmi dimulai sepanjang bulan Oktober mendatang.

“Jadi mulai 1 Oktober nanti masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan tersebut secara gratis (makan obat pencegahan)”ujarnya.

Lanjut Aryani mengungkapkan, jika dalam proses teknis nya nanti pelayanan pada masyarakat akan di sediakan di setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Bulungan, di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), di sekolah-sekolah serta di pos-pos khusus yang telah disediakan oleh Dinkes Kabupaten Bulungan.

“Selain di Puskesmas, Kantor-kantor dan Sekolah. kita juga sudah siapkan pos khusus yang nantinya bisa melayani masyarakat melalui tim yang sudah kami bentuk” bebernya.

Lebih lanjut Aryani mengharapkan peran aktif dan partisipasi masyarakat untuk mengikuti program ini. sebagai bentuk pencegahan, mengingat potensi berkembangnya penyakit yang dapat menimbulkan cacat tetap ini sangat besar di Kabupaten Bulungan.

“Kita harapkan masyarakat datang dan akan kita pastikan obatnya di minum.karena jika tidak dicegah dampaknya sangat luar biasa bagi si penderita” lanjutnya.

Aryani juga menegaskan, Dinkes Kabupaten Bulungan melalui program ini menargetkan dalam 5 tahun kedepan, Kabupaten Bulungan akan terbebas dari penyakit kaki gajah.

“Target kita, dalam 5 tahun kedepan Kabupaten Bulungan ini zero kaki gajah”tutupnya. (DC/Rz)

Related For Bulungan Masuk Kategori Daerah Endemis Penyakit Kaki Gajah