Bupati Malinau Sampaikan Rasa Terima Kasih dan Selamat Kepada Masyarakat Malinau

Minggu, Agustus 18th 2019. | Malinau

Malinau -Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Malinau melangsungkan acara Malam Resepsi Kenegaraan yang dilaksanakan di ruang Tebengang Kantor Bupati Malinau, Sabtu (17/08).

Foto: Diskominfo

Dalam pidatonya Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si mengatakan tema peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesai tahun ini ialah “Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju”, dengan subtema “Dengan Kreatifitas Nasionalis Kebangsaan, Kita Wujudkan SDM Unggul Indonesia Maju di Kabupaten Malinau”. Makna dari tema ini adalah pemerintah Bangsa Indonesia fokus kepada pembangunan sumber daya manusia. Makna dari unggul ialah semangat besar dari Negara Indonesia untuk membangun insan-insan yang unggul dan siap berkompetensi ditingkat global.

Selanjutnya, makna Indonesia maju merupakan representasi dari masyarakat atau sumber daya manusia Negara Indonesia yang dari segala aspeknya telah merdeka dalam arti yang sesungguhnya. Maju dalam hal demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik. Kehidupan sosial ekonomi sudah berjalan dengan baik. Seluruh lapisan masyarakat telah mengenyam pendidikan yang layak sebagai salah satu permulaan dari pembentukan sumber daya manusia yang unggul.

Tema nasional ini sejalan dengan salah satu program unggulan Kabupaten Malinau yaitu Wajib Belajar 16 tahun. Program ini telah dicanangkan dan berjalan dalam beberapa tahun ini dengan baik. Tujuannya yang tidak lain adalah ingin membentuk generasi muda Malinau yang unggul kedepan dengan pembentukan jiwa dan kepribadian yang baik sejak dini melalui pola pendidikan dan pengajaran yang tepat sehingga akan menciptakan SDM yang mumpuni.

“Hal ini juga mempertegas tema Kabupaten Malinau yang sering dan selalu menjadi subtema pada setiap kegiatan yaitu kreatifitas nasionalis kebangsaan. Dengan kreatifitas akan membentuk pribadi yang unggul dan berinovasi serta berjiwa nasionalis untuk turut serta dalam membangun bangsa dan negara,” ujarnya.

SDM yang unggul pasti akan sangat mendukung dan oleh karena itu Dr. Yansen menjelaskan informasi tentang target daerah yang sangat membutuhkan sumber daya manusia yang unggul. Pertama, tekad untuk membangun kemandirian pemerintahan desa dan kelembagaan desa. Kedua, bertekad membangun kemandirian budaya dan prilaku RT Bersih. Ketiga, tekad untuk meningkatkan kreatifitas daerah.

Keempat, bertekad untuk membentuk kepemimpinan staf pada semua level dengan terbangunnya pengendalian dan pengawasan yang melekat pada setiap penyelenggaraan pemerintah mulai dari kabupaten, kecamatan, desa dan RT. Kelima, bertekad mewujudkan kemandirian ketahanan pangan ekonomi daerah melalui pengembangan pertanian dalam arti luas pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan tanaman pangan. Keenam, bertekad untuk membentuk kesadaran masyarakat Malinau tentang sadar kualitas sumber daya manusia.

“Keenam target ini membutuhkan kemampuan kita untuk menterjemahkan simbol-simbol ditengah-tengah masyarakat. Terlebih untuk memahami narasi-narasi yang dikembangkan dalam mewujudkan tatanan hidup berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Selanjutnya, pada tahun ini juga Kabupaten Malinau telah berusia 20 tahun yang mana dalam perjalanan membangun kabupaten ini tidak mudah, penuh perjuangan, semangat kebersamaan dan kerja keras yang tidak pernah padam. Hasilnya bisa dilihat bersama manfaat dan kemajuan yang telah dicapai hingga saat ini, berbagai penghargaan dan pengakuan dari pemerintah pusat yang diberikan kepada Kabupaten Malinau. Ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah, DPRD dan masyarakat Kabupaten Malinau benar-benar telah melaksanakan visi dan misinya dengan sangat baik dan lebih teristimewa melalui program Gerakan Desa Membangun (Gerdema).

“Kini semua desa di pelosok sudah bisa merasakan manfaat dari program kita bersama yang kita kerjakan secara bersama-sama. Ini menjadi renungan untuk kita bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita bekerja keras, bersama-sama melakukannya dengan harapan bersama maka percayalah tidak ada yang tidak mungkin,” ungkapnya.

“Dari semua capaian yang telah berhasil kita raih yang tidak bisa kita ungkapkan satu persatu tapi saya yakin dan percaya pada malam hari ini kita bisa mengakuinya dengan hati kita, dengan mata kita, rasa kita bahwa atas kerja keras kita bersama, atas kebersamaan kita semua, kita bisa menyatakan bahwa Malinau telah maju,” imbuhnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada kita semua masyarakat Malinau atas prestasinya semua itu telah mewarnai Kabupaten Malinau untuk hari ini dan menjadi kekuatan kedepan. Dirgahayu Republik Indonesia ke- 74, semoga apa yang kita lakukan menjadi bukti nyata pengabdian kita kepada bangsa dan negara, Merdeka!” ujar Dr. Yansen dengan penuh semangat. (Ed/Diskominfo)

tags: ,

Related For Bupati Malinau Sampaikan Rasa Terima Kasih dan Selamat Kepada Masyarakat Malinau