Bupati Resmikan Pasar Rakyat Tro Piah Desa Respen Tubu

Monday, February 5th 2018. | Malinau

Malinau, MK – Upaya Pemerintah Kabupaten Malinau untuk menggerakan perekonomian daerah terus dilaksanakan melalui berbagai kebijakan. Salah satunya melalui pembangunan pasar rakyat di Desa Respen Tubu Kecamatan Malinau Utara yang diresmikan penggunaannya oleh Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si pada Hari Senin (5/1).

Pasar yang diberi nama “Tro Piah” yang diambil dari Bahasa Punan yang artinya “Kita Bersama” mulai bangun pada tahun 2017 dengan dukungan Dana Alokasi Khusus sebesar Rp. 995 juta dan dana APBD Kabupaten Malinau Rp. 100 juta.

Pasar Tro Piah dengan luas 216 meter persegi dibangun pada lahan seluas 2.500 meter persegi yang merupakan milik Pemerintah Desa yang dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten.
Drs. Emang Mering, M.Si Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Malinau menyebutkan bahwa Pasar Tro Piah memiliki lapak sebanyak 30 unit yang digunakan untuk 26 pedagang sayur, 4 pedagang ikan dan 4 pedagang daging dengan jam buka dari pagi hingga sore.

Sementara itu Bupati Malinau dalam arahannya menyampaikan pesan-pesan khusus terkait keberadaan pasar rakyat Tro Piah.

“Tujuan pembangunan adalah mensejahterakan rakyat. Dan pembangunan pasar ini merupakan upaya untuk mendorong bertumbuhnya kegiatan rakyat sehingga muncul potensi yang ada” ungkap Bupati Malinau.

“Pesan saya kepada para pedagang agar dapat memanfaatkan keberadaan pasar rakyat ini untuk memberi manfaat besar bagi masyarakat desa baik Respen maupun desa lainnya di sekitar pasar. Harapannya berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat” jelas Dr.Yansen TP lebih lanjut.

Bupati juga berpesan agar para pedagang menjual sayur, ikan dan daging yang segar dan bebas zat kimia berbahaya.

“Jangan gunakan racun, setrum maupun formalin pada barang dagangan. Saya minta pemerintah desa harus tegas dalam menyikapi produk yang berbahaya ini agar masyarakat Malinau terlindungi dari ancaman makanan yang berbahaya” pungkas Bupati Malinau.(Diskominfo/MK*)

tags: ,

Related For Bupati Resmikan Pasar Rakyat Tro Piah Desa Respen Tubu