wisata-kaltara
Gambar-Gif

Cek Capaian Program, Bupati Gelar Rakor

Thursday, July 26th 2018. | Advertorial, Citizen Journalism, Nunukan

Nunukan, MK – Untuk melihat realisasi capaian target, penyerapan dana dan kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan program terutama kegiatan pembangunan daerah, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Tahun Anggaran 2018, yang di laksanakan di ruang pertemuan Lantai V kantor Bupati Nunukan, Rabu (25/07).

Tujuan dari kegiatan rakor ini adalah untuk mewujudkan konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan, konsistensi antara Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan kesesuaian antara capaian pembangunan daerah dengan indikator kinerja yang telah di tetapkan.

Dalam kesempatan itu, Laura menyampaikan kepada Aparatur Sipil Negeri (ASN) yang hadir, agar menunjukan semangat kerjanya. Beliau meminta supaya ASN mempunyai jiwa yang semangat, yang mau bekerja keras dan tidak menganggap acara acara seperti hanya acara seremoni, tetapi merupakan sebuah tanggung jawab.

“Saya minta ASN supaya lebih semangat bekerja, jangan anggap acara seperti ini cuma seremonial belaka. Semangat itu nantinya kalian bawa saat melayani masyarakat,” ungkap Laura.

Di jelaskannya juga, seorang ASN juga harus merubah cara pandangnya, pola pikir dan paradigma dari yang dulu dan sekarang. Pasti berbeda, apa lagi berlandaskan Undang-undang Nomor 23 yang arahnya Desentrialisasi. Dimana Bupati harus menuruti kebijakan dari Gubernur,.

“Di perlukan revolusi mental, dan nantinya akan berdampak ke diri sendiri. Jika terus bersantai, apalagi kedepanya akan menerapkan Tukin, di mana ASN di nilai berdasarkan kerjanya,” tutur Bupati.

Lebih jauh, Laura meminta ASN untuk tidak mementingkan ego sektoral, tetapi eratkan komunikasi antara SKPD sehingga kebutuhan masyarakat tepat sasaran dan efektif.

”Jadi target kita tahun ini adalah mendapatkan nilai terbaik, karena dalam pengelolaan keuangan kita sudah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tiga tahun berturut – turut. Kita coba untuk tahun ini meskipun di tengah kondisi keuangan defisit. Kalau itu mampu di capai, merupakan capaian yang sangat luar biasa sebagai ASN ”, Tegas Laura.

Ia juga menekankan dan menegaskan melalui kegiatan rakor pengendalian pembangunan ini, terhadap kegiatan yang sedang berjalan sampai triwulan ke II sebagai panduan untuk triwulan III dan IV. Rakordal ini harus bisa memberikan kepastian atau rekomendasi terhadap seluruh pelaksanaan proram kegiatan yang ada, sehingga dengan kondisi keuangan yang ada lebih menekankan pada hal yang sangat prioritas yang di laksanakan.

“ Dimana ada kemauaan disitu ada jalan, dimana ada kesulitan di situ ada kemudahan, ”pepatah bijak Bupati mengakhiri sambutannya. (ILO Pro)

tags: ,

Related For Cek Capaian Program, Bupati Gelar Rakor