wisata-kaltara

CJH Diminta Jaga Kesehatan Fisik dan Spiritual

Tuesday, August 15th 2017. | Kaltara

TAMU ALLAH : Gubernur Kaltara Dr Ir H Irianto Lambrie didampingi Sekprov Kaltara H Badrun melepas secara simbole CJH Kloter 11 Provinsi Kaltara di Gedung Pertemuan Embarkasi Haji Balikpapan, Sabtu (12/8).

TANJUNG SELOR, MK – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie meminta setiap Calon Jamaah Haji (CJH), mendengarkan dan mengetahui setiap hal, informasi atau saran yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah haji. Disamping itu, Gubernur juga mengimbau agar setiap CJH tidak berniat atau melakukan hal yang tidak termasuk dalam rukun haji. Sebab, setiap niat atau kelakuan yang tidak baik, terkadang dibalas dengan ganjaran yang setimpal secara langsung.

Yang lebih penting, selain menjaga kesehatan fisik dan spiritual, setiap CJH harus mampu pula menjaga keramahan dan tata krama selama berhaji. Utamanya, kepada setiap CJH asal Kaltara agar dapat menjadi contoh yang baik bagi CJH lain. Hal-hal tersebut disampaikan Gubernur saat melepas secara simbolis CJH Kelompok Terbang (Kloter) 11 Provinsi Kaltara di Gedung Pertemuan Embarkasi Haji Balikpapan, Sabtu (12/8).

“Berdasarkan pengalaman saya berhaji pada tahun 1999, agar ibadah kita berjalan baik, saran saya harus banyak mendengar. Gunakan segala indera yang dikaruniakan Allah SWT untuk memperhatikan dan mendengar serta melaksanakan hal yang bermanfaat dan baik,” katanya.

Irianto menuturkan, bakal banyak pengalaman batin juga pelajaran yang akan diperoleh setiap CJH dalam melaksanakan ibadah haji. “Banyak berdoa, beristigfar serta berzikir karena keseluruhan proses haji itu adalah ibadah, dengan tujuan utama membersihkan diri serta bertobat,” urai Gubernur.

CJH juga diharapkan selalu menjaga kesehatan fisik serta berdisiplin. “Baca semua informasi dan patuhi arahan petugas. Aturan dan tata tertib yang ada, harus dipatuhi. Insya Allah, jika kita menaati aturan, akan selamat. Sebaliknya, apabila melanggar akan mendapat sanksi yang setimpal,” jelasnya.

Sebagai informasi, CJH Kloter 11 Provinsi Kaltara diberangkatkan ke Tanah Suci, Makkah pada pukul 02.00 Wita dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Minggu (13/8). Adapun jumlah jemaah haji yang berangkat tahun ini, dari Kabupaten Bulungan 85 orang, Kota Tarakan 149 orang, Nunukan 115 orang, Malinau 52 orang, Tana Tidung 16 orang. Sementara jemaah haji yang tidak berangkat sebanyak 7 orang dengan alasan sakit dan wafat.

Didalam CJH Kloter 11 Provinsi Kaltara, turut bergabung CJH asal Kalimantan Timur (Kaltim), Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Utara (Sulut). Adapun penempatan mereka di Maktab 59 sektor 8 di Makkah wilayah Syisyah, dan diinapkan di Hotel Al Olayan Misfalah (2.775 meter dari Masjidil Haram) serta Hotel Taima Alsyisyah (2.747 meter). Sementara di Madinah, diinapkan di Hotel Anwar Al Zahra dan Hotel Waqet Al Nazil. (humas)

tags:

Related For CJH Diminta Jaga Kesehatan Fisik dan Spiritual