Gambar-Gif

Cuaca Buruk, Nelayan Tarakan Tetap Melaut

Friday, May 15th 2015. | Headline, Kaltara, Tarakan
- wisata-kaltara -
Tampak nelayan Tarakan yang tetap melaut dengan kondisi cuaca buruk

Tampak nelayan Tarakan yang tetap melaut dengan kondisi cuaca buruk

Tarakan, MK – Saat ini di Kota Tarakan dan perairan laut Tarakan mulai memasuki musim peralihan dari angin utara ke timur, peralihan itu dikenal dengan musim pancaroba. Biasanya, pada musim ini gelombang laut cukup tinggi disertai dengan cuaca yang kurang bersahabat.

Prakiraan cuaca oleh Badan Meteorology Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tarakan, Wiliam Sinaga mengungkapkan, walau bukan kategori ekstrim.  namun acaman akan angin kencang bisa saja terjadi. kecepatan angin di daerah tertentu khususnya daerah  yang curah hujannya tinggi mencapai tujuh knot.

Sementara itu bagi para nelayan di kawasan pasar beringin, Kecamatan Tarakan Tengah, memasuki musim pancaroba seperti saat ini harus tetap mereka hadapi,  Sofian mengungkapkan, selain karena jadwal pasang surut  air laut cocok untuk melaut mencari ikan, tuntutan ekonomi juga membuat mereka harus tetap  turun ke laut. (Baca: Niat Bayar Uang Kuliah, Mahasiswa Tenggelam)

BMKG Tarakan belum bisa memprediksi musim pancaroba di wilayah Tarakan, Kalimantan Utara akan berakhir, namun para nelayan yang terbiasa dengan cuaca ini. mereka telah menyiapakan  baju pelampung, dan untuk saling menjaga keamanan bersama, biasanya mereka akan turun kelaut secara berkelompok .(Mul)

Related For Cuaca Buruk, Nelayan Tarakan Tetap Melaut