wisata-kaltara

Dalam 5 Bulan, 64,571 Kg Sabu Terungkap

Wednesday, October 31st 2018. | Headline, Tanjung Selor

Dirresnarkoba Polda Kaltara: Kombes Pol Adi Affandi

TANJUNG SELOR, MK – Jajaran Ditresnarkoba Polda Kaltara patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, sejak resmi berkantor di Provinsi Kalimantan Utara pada Mei lalu atau sekitar lima bulan lalu, Ditresnarkoba Polda Kaltara telah berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu gologan satu sebanyak 64,571 kg sabu.

Hal itu disampaikan Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit melalui Direktur Reserse Narkoba (Diresnarkoba) Kombes Pol Adi Affandi disela-sela acara pemusnahan sabu 18,3 kg. Ia mengatakan sejak resmi ditunjuk sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Kaltara pada Mei lalu, dirinya bersama jajarannya telah berhasil mengungkap kasus peredaran narkoba di Kalimantan Utara dengan jumlah 64,571 kg hingga Oktober.

“Untuk tersangka yang kita amankan ada 451 orang, mulai dari pengguna, kurir, pengedar hingga bandar narkoba,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Rabu (31/10)

Pria berpangkat tiga melati ini membeberkan pada tahun 2017 jajaran Satreskoba Polres di Kalimantan Utara hanya menggagalkan 28,78 kg sabu dalam kurun waktu setahun. Capaian tersebut sangat sedikit dibandingkan dengan pengungkapan yang dilakukan oleh Diresnarkoba Polda Kaltara yang hanya dalam kurun waktu lima bulan telah menggagalkan penyelundupan sabu mencapai 65 kg.

“Apabila diasumsikan 1 gram sabu bisa menyelematkan 5 orang, 1 gram itu bisa sampai lima orang yang menghisapnya sedangkan untuk 64,571 kg sabu bisa menyelamatkan 543.250 ribu jiwa,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa jenis narkoba hkhususnya fisikotropika semakin marak bahkan anak SD menjadi korban dengan modus permen dan kue. Bukan hanya itu, kata dia, bahkan ke tinggkat pejabat juga banyak yang tertangkap karena mengkonsumsi narkoba.

“Jadi kenapa narkoba tidak berhenti dan sangat susah karena memang secara ekonomis sangat menjanjikan bahkan 3 kali lipat ke untungannya, sehingga jaringan ini semakin lama semakin kuat,” tutupnya (ars)

tags: , , ,

Related For Dalam 5 Bulan, 64,571 Kg Sabu Terungkap