wisata-kaltara

Dayak Kenyah Capai Rekor MURI 1000 Sampe’ Terbanyak

Saturday, October 20th 2018. | Headline, Malinau

Malinau, MK – Drs. Emang Mering, M.Si, Ketua Lembaga Adat Dayak Kenyah mewakili seluruh masyarakat Malinau mengucapkan Dirgahayu HUT Kabupaten Malinau ke-19 dan Irau ke-9. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa dayak Kenyah mempunyai banyak sub-sub suku. Di Malinau sendiri ada 13 sub suku yaitu Lepo’ Tao, Lepo’ Kulit, Uma Lung, Uma Lasan, Lepo’ Jalan, Bakung, Lepo’ Kei, Lepo’ Tepu, Lepo’ Maut, Badeng, Uma Alim , Lepo’ Tukung dan Lepo’ Timai. Namun secara umum mempunyai kebudayaan yang sama.

Suku dayak Kenyah menampilkan upacara adat Mamat. Mamat adalah merupakan ungkapan rasa syukur dan kegembiraan setelah para pahlawan berhasil dalam peperangan (Ngayau). Selain itu Upacara ini melambangkan kemenangan, kejayaan, dan keberanian prajurit perang, serta untuk menolak roh-roh jahat.

“Malinau Luar Biasa, khususnya warga adat dayak Kenyah yang sudah menampilkan upacara adatnya hari ini,” ucap Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dalam sambutannya.

Irau Malinau patut tercatat di Wonderful Indonesia karena memiliki ciri khas dalam menampilkan adat dan budayanya. Bupati juga memuji para camat terutama daerah perbatasan yang sudah bersusah payah untuk membawa sampe’ ke Malinau untuk tercatat ke dalam rekor MURI Sampe’ Terbanyak. Menurut Bupati, capaian rekor ini sudah direncanakan tampil sejak tahun 2016. Namun karena sesuatu hal baru dapat dilaksanakan pada Irau tahun ini. Tidak mudah untuk menghadirkan pemain dan sampe’ dari pedalaman karena medan yang berat.
Rekor MURI Sampe Terbanyak diberikan oleh Bapak Ngadri dari Dewan Museum Rekor Dunia Indonesia kepada Lembaga Adat Dayak Kenyah Malinau. (hms)

tags: , ,

Related For Dayak Kenyah Capai Rekor MURI 1000 Sampe’ Terbanyak