wisata-kaltara

Dekranasda Diminta Tingkatkan Kualitas SDM Pengrajin

Wednesday, March 7th 2018. | Advertorial, Tanjung Selor

FOKUS : Pj Sekprov Kaltara H Syaiful Herman saat membuka acara syukuran dan peringatan HUT ke-38 Dekranasda, kemarin (6/3).

TANJUNG SELOR, MK – Sebagai wadah pengrajin dan hasil kerajinan di Kalimantan Utara (Kaltara), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) diminta fokus untuk dapat memberikan perhatian dan bantuan kepada para pengrajin yang ada. “Kita memiliki potensi yang cukup besar dalam hal kerajinan, karena didukung oleh budaya dan sumber daya alam yang kita miliki,” kata Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie melalui Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara H Syaiful Herman saat membuka acara syukuran dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-38 Dekranasda di Gedung Serbaguna Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara, kemarin (6/3).

Pun demikian, potensi yang dimiliki Kaltara, tidak akan berkembang jika tidak dilengkapi dengan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan pekerja keras. Dari itu, Syaiful meminta agar Dekranasda dapat memberikan pelatihan kepada para pengrajin untuk meningkatkan kualitas produknya. “Ada banyak potensi yang kita miliki. Namun, kita masih perlu belajar untuk meningkatkan kreativitas dan kualitas kerajinan kita agar dapat bersaing di kancah nasional,” jelasnya.

Selain pelatihan tentang produk, Syaiful juga meminta agar pelatihan terkait manajemen keuangan dan pemasaran juga diberikan agar dalam menjalankan usahanya dapat dikerjakan secara profesional. Terutama dalam tata kelola keuangannya. “Banyak yang gulung tikar karena tidak bisa mengelola keuangannya dan tidak bisa memasarkan produknya. Untuk itu, Dekranasda harus bisa menjadi tempat dan sumber informasi terhadap apa yang menjadi kebutuhan pengrajin,” ucapnya.

Syaiful turut meminta agar para pengrajin di Kaltara dapat memanfaatkan bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah sesuai dengan kebutuhannya. Ia juga menginstruksikan kepada instansi terkait untuk menyebarluaskan informasi bantuan dari pemerintah ke seluruh masyarakat.(humas)

tags: , ,

Related For Dekranasda Diminta Tingkatkan Kualitas SDM Pengrajin