wisata-kaltara

Dewan Evaluasi Pembangunan Jalan di Tanjung Selor

Monday, April 10th 2017. | Advertorial, Kaltara, Parlementaria

Tanjung Selor, MK – Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah provinsi mendapat perhatian khusus DPRD Kalimantan Utara sebagai fungsi pengawasan, anggota dewan pun turun lapangan melakukan monitoring dan evaluasi, khususnya pembangunan fisik yang dilakukan pada tahun anggaran 2016 lalu.

Rencananya, monitoring dan evaluasi yang dilakukan belum lama ini, berlangsung selama tiga hari di Kabupaten/Kota. Sekretaris komisi III DPRD Kaltara, Kosmas Jajan Mengatakan, monitoring ini merupakan tugas dan fungsi Dewan dalam pengawasan pembangunan yang dilakukan pemerintah provinsi.

“Jadi kami ingin melihat apakah pembangunan anggaran 2016 lalu benar – benar tapat sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, “ujar Kosmas.

Monitoring dihari pertama di Kabupaten Bulungan, Kosmas menilai, peningkatan ruas jalan padaelo dan jalan manunggal, Kelurahan Tanjung Selor Hilir, Bulungan telah terlaksana dengan baik. Karena ruas jalan tersebut telah menggunakan cor beton atau rigid pavement.

“Dengan begitu kami harapkan bisa lebih tahan lama dan anti longsor, “ujarnya.

Selain kedua ruas jalan tersebut, Kosmas menyarankan, pemerintah daerah meningkatkan ruas jalan utama di ibukota Kaltra dengan sistem rigid Pavement, “Kami minta kedepannya semua ruas jalan utama yang rawat dibangun dengan sistem beton, “katanya.

Dalam monitoring kali ini, kata Kosmas, pihaknya menemukan beberapa kendala dan hambatan dalam peningkatan jalan tersebut. Karena ada pemukiman yang sudah lebih dulu membangun disepanjang jalan dan terdapat juga beberapa tiang listrik. Sehingga menyulitkan pembangunan fisik tersebut.

“Informasi dari dinas terkait, rencana awal lebar jalan 20 meter. Karena ada beberapa kendala itu, sehingga yang terealisasi sekitar 6 hingga 8 meter saja,” tuturnya.

Dengan begitu, Kosmas pun menyarankan kepada instansi terkait untuk melanjutkan kegiatan peningkatan jalan padaelo dan jalan manunggal sekiranya dilakukan pendekatan kepada masyarakat secara intensif.

“Kami harapkan itu bisa dikomunikasikan secara bijak. Begitu juga kepada masyarakat untuk bisa membantu pergerakan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, karena tujuannya semata untuk membantu kesejahteraan masyarakat itu sendiri, “ungkapannya.

“Kami mengapresiasi pembangunan yang sudah berjalan ini. Dari sisi kualitas dan standar jalan, telah memenuhi untuk pelayanan kepada masyarakat. “Katanya. (HMS)

.

tags:

Related For Dewan Evaluasi Pembangunan Jalan di Tanjung Selor