wisata-kaltara

DPD VOX POIN Indonesia Kalimantan Utara Terbentuk

Tuesday, November 27th 2018. | Tanjung Selor

Tanjung Selor, MK – VOX POPULI INSTITUTE INDONESIA yang singkat VOX Point Indonesia adalah organisasi Nasional Umat Katolik yang memiliki visi sebagai wadah menumbuh kembangkan kesadaran umat Katolik agar terlibat dalam proses pembangunan bangsa dan negara terutama dibidang sosial politik kemasyarakatan dan kenegaraan untuk menjawab tantangan kedepan yang membutuhkan regenerasi kepemimpinan nasional.

Pelantikan langsung dilakukan oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) VOX POINT INDONESIA Yohanes Handojo Budhisedjati, di Keuskupan Tanjung Selor, Minggu (25/11) yang disaksikan langsung oleh Uskup Keuskupan Tanjung Selor Mgr. Dr. Paulinus Yan Olla, M.SF. Dalam sambutannya, Yohanes Handojo Budhisedjati menyampaikan tujuan berdirinya Vox Point Indonesia adalah untuk menyuarakan dan mewujudkan kebenaran dan keadilan, mengembangkan nilai-nilai kebangsaan yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, Kebhinekaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Sebagai wadah kajian strategis bidang sosial politik kemasyarakatan dalam berperan serta dalam proses pembanguan Nasional.

Didalamnya VOX Point Indonesia terdapat Umat Katolik dari berbagai profesi seperti ASN, TNI/POLRI, pengusaha, Akademisi,  Politisi Katolik, Buruh. selain itu juga Handojo menyampaikan bahwa dalam Dewan Pakar VOX POINT Indonesia ditingkat pusat ada Sekjen Partai, Tokoh Nasional, seperti Anderas Pareira (DPP PDIP),  Dr. Hinca Panjaitan (Sekjen Demokrat) Johny G. Plate (Sekjen Nasdem), Prof. Adrianus Meliala (seorang pakar di bidang kriminologi dan kepolisian, serta sebagai dosen di Departemen Kriminologi Universitas Indonesia) dengan beberapa “Mentor” seperti Hasto (Sekjen PDIP) Grace Natali (Ketum PSI) dan lain sebagainya, sementara di Dewan Penasehat Nasional ada Komisaris Jenderal Polisi Gories Mere (Staf khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan), Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon,  Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, Letjen Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, uangkap Handojo.

Kalimantan Utara adalah Provinsi yang ke 15 yang telah dilantik Dewan Pengurus Daerah (DPD)nya, Kosmas Kajan, SS dipercaya sebagai Ketua dan Lumbis, S.Sos dipercaya sebagai Sekretaris DPD VOX POINT INDONESIA di Kalimantan Utara. Yohanes Handojo Budhisedjati berharap agar DPD Kalimantan Utara segera membentuk DPW VOX POINT Indonesia diseluruh Kabupaten dan Kota di Kalimantan Utara.

Kosmas Kajan mengungkapkan, dirinya bersama jajaran akan melakukan kajian dalam memperkuat VOX POIN di Kaltara dalam menopang pembangunan di perbatasan.

“Bersama Sekretaris dan jajaran pengurus lainnya akan memperkuat VOX POINT di Kalimantan Utara terutama melakukan berbagai kajian, tentang kemasyarakatan dan dalam mendukung percepatan pembanguan di perbatasan’, ungkap Kosmas Kajan.

Vox Populi Institut Indonesia didirikan untuk lebih lugas menjalin hubungan kemitraan dengan pemerintah dalam bingkai kebangsaan dalam berbagai bidang sosial kemasyarakatan, Sebagaimana di teladankan oleh para pahlawan Nasional dari kalangan Katolik seperti Mgr. Albertus Soegiyapranoto, IJ. Kasimo, Marsekal Pertama TNI (Purn) Tjilik Riwut, Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso dan tokoh nasional lainnya seperti mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Leonardus Benyamin Moerdani yang kerap disebut Benny Moerdani, Frans Seda dan lain sebagainya Serta terus mengamalkan empat konsensus nasional yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sebagai mana prinsip setiap diri VOXIANS bahwa 100% Katolik dan 100 % Indonesia.

“Hal ini juga sejalan dengan motto Keuskupan Tanjung Selor : ” Servus Veritatis “. Semoga Vox Point Kaltara “Non Multa sed Multam” Bukan Kuantitas melainkan Kualitas. mohon doa dan suportnya”, ujar Kosmas.

Sementara itu, Sekretaris DPD VOX POIN Indonesia Kalimantan Utara, Lumbis,S.Sos menekankan terbentuknya pengurus DPD Kaltara akan menjalankan keparcayaan dan melakukan kajian strategis bersama dengan stakeholder terkait.

“Kepercayaan ini akan kami jaga dan jalankan dengan baik dan kedepan akan melakukan kajian-kajian strategis sebagai masukan kepada semua pihak dan stekholder disetiap tingkatan pemerintah dan juga sebagai masukan pada Dewan Pimpinan Nasional untuk memperjuangkannys bersama-sama bagaimana sesuai dengan Espektasi umat terhadap VOX POINT INDONESIA”, tambah Lumbis.

Selain pelantikan juga dilakukan prosesi pemberkatan dan doa oleh Uskup Keuskupan Tanjung terhadap para pengurus VOX POINT INDONESIA yang baru dilantik dan Uskup berpesan jadilah penyejuk ditengah-tengah kondisi bangsa kita yang saat ini mulai dilanda krisis moral, Intoleransi, rawat Pancasila,  Rawat UU 1945, Rawat Kebenekaan dan Rawat NKRI. (Humas/Adv)

tags:

Related For DPD VOX POIN Indonesia Kalimantan Utara Terbentuk