Disnakertrans Upayakan LPK di Kaltara Terakreditasi

Senin, Juli 22nd 2019. | Advertorial, Tanjung Selor

Kepala Disnakertrans Kaltara, H Armin Mustapa

TANJUNG SELOR, MK – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Utara (Kaltara), berupaya semua Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Kaltara mendapatkan akreditasi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

Kepala Disnakertrans Kaltara, H Armin Mustapa melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketenagakerjaan Disnakertrans Kaltara, Petrus F Rungga menyatakan, sementara ini akan mengirimkan 5 LPK untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) guna mendapatkan akreditasi. “Menyesuaikan anggaran dari Kementerian, untuk saat ini 5 LPK yang dapat mengikuti bimtek yang diadakan dari Kementerian,” jelasnya, beberapa waktu lalu.

LPK yang terdapat di Kaltara menyediakan beberapa jasa keterampilan, antara lain di bidang bahasa asing, kursus mengemudi, komputer, staf administrasi atau sekretaris. “Perkiraan untuk minggu depan, terdapat 20 LPK yang akan mengikuti bimtek, kemudian dari 20 LPK akan dikategorikan lagi yang memenuhi syarat untuk mendapatkan akreditasi,” paparnya.

20 LPK tersebut, akan diuji oleh asesor dari Kemenakertrans. Hal ini dikarenakan asesor yang terdapat di Kaltara ini baru satu, yaitu yang terdapat di Balai Latihan Kerja (BLK) Tarakan. Sedangkan, yang memberikan penilaian terhadap LPK ini berasal dari Komite Akrediasi LPK Provinsi Kaltara.

Direncanakan, pelaksanaan LPK Provinsi Kaltara akan diadakan di Tarakan pada 20 hingga 23 Juli 2019. Terdapat sekitar 20 LPK yang akan mengikuti Bimtek ini, yaitu LPK yang berasal dari Bulungan, Sebatik, Nunukan, dan Tarakan.

Disnakertrans Kaltara berharap, 20 LPK yang mengikuti bimtek ini mendapatkan akreditasi, guna mendapatkan akses dan fasilitas dari kemenakertrans. Akses ini sangat berguna, untuk pengajuan anggaran bagi LPK tersebut.(humas)

tags: , ,

Related For Disnakertrans Upayakan LPK di Kaltara Terakreditasi