wisata-kaltara

Ditargetkan dibuka Presiden Jokowi, IRAU ke-9 Menjadi Momentum Kebangkitan Budaya Malinau

Malinau, MK – Dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan IRAU Kabupaten Malinau yang akan digelar pada Oktober mendatang, Pemerintah Kabupaten Malinau mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh Pengurus Lembaga Adat dan Paguyuban yang ada di Kabupaten Malinau.

Rapat yang digelar di Ruang Intulun pada Senin (23/7) dihadiri oleh Ketua DPRD, Wakil Bupati Malinau dan seluruh pengurus lembaga adat dan paguyuban. Dalam pertemuan tersebut, Bupati Malinau memberikan penegasan-penegasan terkait pelaksanaan IRAU ke-9 tahun 2018.

“Untuk kita ketahui bersama bahwa IRAU tahun ini merupakan satu dari 100 wonderfull event di Indonesia. Bayangkan kita berkompetisi dengan aktifitas masyarakat lainnya di Indonesia. Tidak semudah dalam pemikiran kita untuk membuat sebuah acara. Tentu ada syarat dan dasar Pemerintah Pusat memutuskan hal ini”. Ungkap Dr. Yansen TP, M.Si.

“Malinau adalah komunitas besar, oleh karena itu tidak boleh ada pikiran hanya sekedarnya saja melaksanakan IRAU. Seluruh masyarakat bertanggung jawab terhadap even ini”. Ungkap Bupati Malinau lebih lanjut.

Kepada seluruh pengurus lembaga adat dan paguyuban bahwa rangkaian IRAU akan digelar kurang lebih selama 13 hari.

“Kita rencanakan IRAU ini akan kita helat pada 15-27 Oktober 2018. Gubernur Kalimantan Utara akan berupaya menghadirkan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo untuk membuka IRAU di Malinau. Ini disampaikan oleh beliau pada saat pembukaan festival seni dan budaya Aco Lundayeh yang digelar pada 9-15 Juli lalu”. Jelas Bupati Malinau.

Lebih jauh Bupati juga menegaskan agar seluruh lembaga adat dan paguyuban untuk mengekspresikan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pelaksanaan IRAU sebagai even yang terhormat di level nasional.

“Seluruh lembaga adat dan paguyuban wajib ikut tanpa kecuali. Tampilkan seni dan budaya terbaik. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Persiapkan dengan baik. Kita masih punya waktu 3 bulan ke depan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Untuk itu masing-masing lembaga adat dan paguyuban agar terus berlatih” ujar Bupati Malinau lagi.

Terkait dengan pemecahan rekor MURI, Bupati meminta kepada peserta rapat untuk memaksimalkan penampilan atraksi seni dan budaya.

“Maksimalkan atraksi seni dan budaya dan upayakan Kuntuk mendapat rekor MURI dalam penampilan atraksi seni budaya pada saat IRAU nanti”. Harap Dr. Yansen TP, M.Si.(Diskominfo)

tags: , ,

Related For Ditargetkan dibuka Presiden Jokowi, IRAU ke-9 Menjadi Momentum Kebangkitan Budaya Malinau