DKP Kembali Salurkan Bantuan untuk Nelayan

Thursday, January 24th 2019. | Advertorial, Tanjung Selor
Gubernur Kaltara: Dr H Irianto Lambrie

TANJUNG SELOR, MK – Sebagai salah satu upaya untuk memberdayakan masyarakat di wilayah pesisir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dalam waktu dekat bakal menyalurkan bantuan perikanan kepada nelayan.

Bantuan melalui Program pengembangan perikanan tangkap ini, seperti disampaikan Kepala DKP Kaltara H Amir Bakry, nantinya akan disalurkan lewat sejumlah Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan yang ada di Sebatik (Nunukan), Tarakan dan Bulungan.

“Ini merupakan kegiatan pengembangan kapal perikanan dan alat penangkapan ikan yang bersumber dari dana APBD 2019. Kami upayakan pada triwulan ketiga penyalurannya sudah bisa berjalan,” kata Amir.

Amir mengungkapkan, rencananya ada sekitar 1000 piece alat tangkap trammel net yang akan dibagikan kepada 9 KUB di kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan. Kemudian 10 unit kapal tangkap ikan kepada 8 KUB nelayan di Kabupaten Bulungan dan 2 kota Tarakan, serta 15 unit mesin kapal 24 PK yang rencananya diberikan kepada KUB nelayan di Bulungan dan Tarakan. Dengan nilai anggaran sekitar Rp. 1 miliar.

“Bantuan ini merupakan stimulan. Dengan harapan, melalui program ini masyarakat nelayan dapat meningkatkan produksi perikanan tangkap, maupun pendapatannya,” kata Amir.

Lebih lanjut diungkapkan, sejak 2015 hingga 2018, DKP Kaltara telah memberikan sejumlah bantuan kepada nelayan. Baik itu berupa kapal, peralatan tangkap, alat budidaya, GPS dan Fish Finder, serta bibit ikan maupun udang. Dengan alokasi anggaran sebesar Rp 6.424.353.960 yang bersumber dari APBD. “Selain dari APBD kita juga berhasil mendapatkan bantuan dari pusat melalui kementeriaan dengan jumlah yang tidak sedikit,” ungkapnya.(humas)

tags: ,

Related For DKP Kembali Salurkan Bantuan untuk Nelayan