wisata-kaltara

Dorong Swasta Bangun Perpustakaan Khusus

Friday, September 21st 2018. | Advertorial, Kaltara

TANJUNG SELOR, MK – Perpustakan menjadi sumber informasi yang sangat penting. Disamping sebagai lembaga pelayanan publik untuk mengakses informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, perpustakaan juga menjadi tempat penelitian, belajar dan rekreasi. Ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Hermawan saat membuka acara kegiatan Workshop Pengenalan Perpustakaan Khusus dan Manajemen Arsip di Lingkungan Provinsi Kaltara di Gedung Gabungan Dinas (Gadis) II Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Tanjung Selor, Senin (20/9).

Hermawan mengatakan, melalui keberadaan perpustakaan di setiap lingkungan kehidupan masyarakat, diharapkan mampu menjadi pilar utama mendorong peningkatan minat baca masyarakat, demi terciptanya masyarakat yang berbudaya baca. Saat ini, sebutnya, sarana dan prasarana pendukung masih perlu ditingkatkan baik di provinsi maupun di kabupaten dan kota. “Kami mengajak rekan-rekan dari pihak instansi swasta untuk dapat menciptakan perpustakaan khusus. Perpustakaan khusus itu, perpustakaan yang dibentuk oleh lembaga (pemerintah/swasta), perusahaan atau asosiasi yang mempunyai organisasi bisnis, industri, pemerintahan dan pendidikan,” kata Hermawan.

Lewat perpustakaan khusus, nantinya perlu dilakukan langkah-langkah yang nyata dan tepat agar perpustakaan dapat berkontribusi dalam mendukung pencapaian tujuan organisasi dan memberikan layanan informasi kepada masyarakat. “Pengelolaan atau manajemen arsip dilaksanakan sesuai dengan kaidah kearsipan yang baik dan benar. Dan, hasilnya akan membawa dampak positif bagi kegiatan pemerintahan daerah. Utamanya, dalam hal penilaian kinerja, pertanggungjawaban kinerja, pelayanan publik, serta penyediaan alat bukti kepentingan lain,” jelas Hermawan. Selain itu, pengelolaan arsip penting pula dilakukan. Lantaran, arsip menjamin akuntabilitas, transparansi, produktivitas, perlindungan negara dan hak-hak keperdataan rakyat serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.(humas)

Related For Dorong Swasta Bangun Perpustakaan Khusus