DPRD Desak Herwansyah Kembalikan Pinjaman Rp526 Juta Paling Lambat Akhir Juli

Selasa, Juli 9th 2019. | Headline, Tanjung Selor

HEARING: Komisi IV DPRD Kaltara menggelar rapat bersama terkait dana yang dipinjam Dewan Pendidikan Kaltara

TANJUNG SELOR, MK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendesak Ketua Dewan Pendidikan Kaltara Herwansyah SE agar mengembalikan sisa anggaran beasiswa Kaltara cerdas 2018 senilai Rp526.400.000 selambat-lambatnya 30 Juli 2019.

Hal itu disampaikan langsung Ketua Komisi  IV DPRD Kaltara Asnawi Arbain dalam hearing yang digelar di Kantor DPRD Kaltara, Selasa (9/7/2019). Dalam hearing tersebut dihadiri Asiten I Pemprov Kaltara Sanusi, Herwansyah SE selaku Ketua Dewan Pendidikan, Inspektorat, Biro Kesra, dan Dinas Pendidikan

“Kami minta kepada Dewan Pendidikan agar uang sebesar Rp526.400.000 dikembalikan paling lambat 30 Juli 2019 sepanjang dimungkinkan secara hukum,” ujar Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini saat membacakan kesimpulan rapat yang selesai sekira pukul 12.30 WITA.

Selain mendesak Herwasnyah mengembalikan sisa anggaran yang dipinjam sejak 17 Janauri 2019 berdasarkan surat pernyataan pinjaman yang beredar di media sosial (Medsos) dan viral. DPRD juga meminta kepada Pemprov Kaltara agar tidak mengucurkan anggaran beasiswa 2019 jika pinjaman tersebut belum dikembalikan sampai batas waktu yang telah ditentukan.

“Dan kami minta kepada Pemprov melalui Pak Asisten I, jangan dikucurkan hibah 2019 kalau pinjaman Rp526.400.000 tidak dikembalikan,” lanjut Arbain

Senada dengan Arbain, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Umum Setprov Kaltara, Sanusi meminta uang yang dipinjam harus bisa dikembalikan secepatnya. Mengingat ketika hal tersebut menjadi temuan, dapat berdampak luas terhadap akuntanbilitas laporan keuangan daerah.

“Untuk sementara ini kan masih dalam proses klarifikasi dari Inspektorat. Jadi agar cepat clear, dana tersebut harus segera dikembalikan,” kata Sanusi.

Sementara itu Herwansyah mengaku akan mengembalikan dana tersebut sebelum tanggal 30 Juli 2019 sebagaimana tenggat waktu yang disampaikan Komisi IV DPRD bersama jajaran Pemprov Kaltara

“Kami sudah komitmen. Dewan Pendidikan tadi malam sudah rapat juga. Saya sudah katakan bahwa penggunaan anggaran itu bukan untuk kepentingan pribadi dan politik, tetapi ini untuk kepentingan operasional Dewan Pendidikan yakni untuk sewa rumah, bayar lampu, bayar air,” bebernya kepada awak media.

Untuk diketahui, dana yang dipinjam Dewan Pendidikan sebanyak Rp 526.400.000 merupakan dana bantuan stimulan tahun 2018 yang sedianya diberikan kepada 233 mahasiswa, namun tidak memenuhi syarat sebagai penerima. (as)

tags: , , , , , ,

Related For DPRD Desak Herwansyah Kembalikan Pinjaman Rp526 Juta Paling Lambat Akhir Juli