Eksport Perdana Rumput Laut ke Busan Korea Selatan

Saturday, January 19th 2019. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Nunukan

NUNUKAN, MK – Upaya Pemerintah Kabupaten Nunukan terus mendorong komuditas rumput laut menjadi komuditas unggulan untuk di eksport perdana ke Busan- Korea Selatan, menjadi kenyataan dengan dilakukannya pemuatan KM Verison dipelabuhan Tunontaka pada Kamis (17/1) melalui pelabuhan Tunontaka.

Disaksikan oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Robby N Serang mengatakan eksport perdana rumput laut sebanyak 63 ton dengan menggunakan 3 buah kontainer menuju Busan – Korea Selatan via Surabaya.

“Untuk saat ini eksport perdana rumput laut masih melalui Surabaya kemudian dilanjutkan ke Busan,” ujarnya.

Selain itu rumput laut yang di eksport ke Busan juga terdapat 5.850 ton rumput laut dengan menggunakan 39 buah kontainer dengan tujuan Surabaya.

Ia menambahkan dari aspek ekonomi, komuditas rumput laut di Nunukan menjadi salah satu komoditas unggulan dan mendorong pertumbuhan sumber ekonomi masyarakat khususnya di pulau Nunukan dan Pulau Sebatik.

“Dengan dilakukannya eksport langsung ke Busan – Korea Selatan juga tentunya akan berdampak terhadap harga rumput laut dipasaran akan mengalami peningkatan, ” ungkapnya.

Namun Ia berharap kedepannya eksport yang dilakukan tidak lagi melalui Surabaya, namun dapat dilakukan langsung ke Busan – Korea Selatan mengingat potensi komuditas rumput laut di Nunukan sangat memungkinkan untuk dilakukan eksport langsung keluar negeri melihat produksi rumput laut setiap tahunnnya mengalami peningkatan.

“Produksi rumput laut yang dibutuhkan minimal 2.100 ton atau sekitar 100 kontainer untuk dilakukan eksport langsung tanpa melalui pelabuhan Surabaya, ” ungkapnya.

Robby mengaku pemerintah Kabupaten Nunukan untuk memberikan dukungan kepada para pelaku usaha eksportir komuditas rumput laut malalui kemudahan perizinan.

General Manager PT Pelindo IV Cabang Nunukan, Muh Ilyas mengaku peluang untuk eksport langsung ke Negara Gingseng tersebut sangat besar mengingat komuditas Rumput Laut yang selama ini melalui pelabuhan Tunontaka sangat tinggi dengan tujuan Sulawesi dan Surabaya.

“Kita berharap kedepannya eksport langsung dapat dilakukan dari Pelabuhan Tunontaka langsung ke Busan – Korea Selatan tanpa melalui pelabuhan Surabaya,” ujarnya.

Ilyas menambahkan untuk pengangkutan ke Surabaya membutuhkan waktu 3 hari sedangkan untuk melanjutkan perjalanan ke Busan membutuhkan waktu 21 hari. (Aiyub/ Info Ekbang )

tags:

Related For Eksport Perdana Rumput Laut ke Busan Korea Selatan