Es Krim Berbahan Sayur, Cocok Untuk Anak

Senin, Oktober 16th 2017. | Headline, Tarakan

Es krim yang terbuat dari sayur hidroponik

Tarakan, MK – Berawal dari kepedulian terhadap anak-anak yang saat sekarang kurang gemar mengkonsumsi sayuran, membuat Irma tertarik untuk membuat es krim dari bahan sayur-sayuran. Usahanya pun tidak sia-sia, es krim yang dijual Rp 5.000 per cup mulai laris terjual dan disukai khususnya anak-anak.

“Awalnya, karena melihat anak-anak sekarang jarang makan sayuran, akhirnya, kami berinovasi membuat es krim menggunakan bahan sayur supaya anak-anak gemar makan sayuran,” ujarnya kepada Metro Kaltara belum lama ini.

Wanita berhijab ini mengatakan pembuatan es krim tidak dikerjakan dengan sendirian, dirinya ikut dalam  kelompok Peta Mudik bekerjasama kelompok Belajar Bersama Hidroponik Tarakan (BBHT) membuat es krim sayur hidroponik dengan dibina PT Medco E & P Tarakan.

Diakuinya awal membuat es krim sayuran hidroponik ini, agak susah. Tetapi, setelah mendapatan bimbingan dari PT Medco E & P Tarakan, banyak ilmu yang diperoleh. “Sempat berulang kali kami gagal, sampai akhirnya kami berhasil juga. Karena sekarang sudah terbiasa membuatnya, jadi tidak terlalu susah. Proses pembuatannya juga tidak terlalu rumit, karena bahan-bahan yang digunakan juga banyak tersedia,” akunya.

Uniknya es krim yang digagas oleh Peta Mudik ini, berbahan dasar sayur sehat yang dikembangkan dengan sistem hidroponik. Selain itu, juga dari buah-buahan salah satunya adalah buah manga.

 “Tapi kami bermula dari sayur hasil hidroponik. Yang penting bahan yang kami gunakan, aman, tidak mengandung zat kimia. Betul-betul murni. Untuk saat ini, jumlah sayuran yang sudah kami buat sayur selada dengan sayur samhong,” beber Irma.

Untu durasi pembuatan es krim sayur tersebut, menyita waktu selama 30 menit. Mulai dari pencampuran bahan yang terdiri dari vanilla, crim, air, dan susu, dan selada,  setelah proses pembuatan selesai, es krim dimasukkan ke dalam lemari pendingin selama 12 jam

 “Rata-rata anak-anak suka. Bahkan banyak juga orangtua yang suka, setiap  harinya kita buat 300 cup. Itu habis semua, bahkan dianggap kurang, untuk harganya kalau yang kecil Rp 3.000, kalau yang besar Rp 5.000,”tutupnya. (ars)

tags:

Related For Es Krim Berbahan Sayur, Cocok Untuk Anak