Fadli Zon Berharap Independensi Capim KPK

Jumat, Juni 21st 2019. | Nasional

Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon berharap calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diisi sosok-sosok berintegritas tinggi. Lembaga Antirasuah itu diharapkan semakin profesional dengan pemimpin yang baru.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

“Harusnya pimpinan KPK betul-betul netral dan independen,” kata Fadli di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 21 Juni 2019.

Fadli berharap kinerja KPK semakin optimal dalam pemberantasan korupsi dengan pimpinan baru. Dengan catatan, strategi pencegahan dan penindakan KPK harus proporsional dan berimbang.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu pun mengapresiasi kinerja pimppinan KPK saat ini. Menurut Fadli, KPK telah memperlihatkan sejumlah kemajuan dan keberhasilan.

Kendati begitu, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebelum masa kerja mereka berakhir. KPK harus benar-benar profesional menghilangkan standar ganda dalam menangani sebuah kasus.

Pendaftaran seleksi calon pimpinan KPK sudah dibuka Senin, 17 Juni 2019. Masa pendaftaran akan berlangsung hingga 4 Juli 2019. Sejauh ini, Panitia seleksi (Pansel) Capim KPK Jilid V telah menerima 11 orang yang mendaftar. Latar belakang 11 pendaftar beragam.

Nama-nama calon yang sudah mendaftar bisa dilihat di Kantor Sekretariat Pansel Capim KPK Jilid V, yang berada di Gedung 1 Lantai 2 Kantor Sekretariat Negara (Setneg). Pansel Capim KPK optomistis pendaftar bakal terus bertambah. Mengingat, pendaftaran capim KPK jilid V ditutup 4 Juli 2019.

Para calon akan melakukan serangkaian seleksi secara bertahap. Pertama yakni seleksi administrasi. Setelah itu, mereka yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mengikuti uji kompetensi. Kemudian, pendaftar akan menjalani profile assesment.

Para pendaftar yang lulus tahap ini berikutnya akan menjalani sesi wawancara. Para peserta seleksi calon pimpinan KPK juga akan mengikuti tes kesehatan. (medcom.id)

tags: , ,

Related For Fadli Zon Berharap Independensi Capim KPK