wisata-kaltara

Fantastis..!! 11 Rekor MURI Ditoreh Sepanjang Pagelaran IRAU Ke-9 Tahun 2018

Saturday, October 27th 2018. | Headline, Malinau

Malinau, MK – Pagelaran IRAU Kabupaten Malinau ke-9 tahun 2018 menorehkan sejarah tersendiri dibanding IRAU sebelumnya, salah satunya adalah pemecahan rekor MURI yang berjumlah 11 rekor yang dipecahkan oleh pemerintah daerah dan lembaga adat yang ada di Kabupaten Malinau.

Pada pembukaan IRAU, Pemerintah Kabupaten Malinau meraih 2 rekor MURI untuk kategori pawai budaya dengan peserta terbanyak menggunakan pakaian bhineka tunggal ika dan kategori desa wisata dengan rumah terbanyak berhias motif etnik.

Hari kedua DPC Persekutuan Dayak Lundayeh Kabupaten Malinau meraih 3 rekor MURI yaitu lobang lesung terbanyak, alu terbanyak dan tungku terpanjang.

Hari ketiga Lembaga Adat Besar Tidung Kabupaten Malinau mencatatkan rekor membuat kalatung (kentongan kayu) terbanyak dan bepupur dengan peserta terbanyak.

Hari keempat Lembaga Adat Dayak Kayan Kabupaten Malinau dengan rekor perisai terpanjang berhasil dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia Dunia.

Hari kelima giliran Lembaga Adat Dayak Kenyah Kabupaten Malinau melalui pagelaran musik kolosal berhasil meraih rekor MURI untuk kategori pagelaran musik sampe terbanyak.

Hari kesebelas, Persatuan Masyarakat Dayak Sa’ban Kabupaten Malinau berhasil meraih rekor Ani Ka’bo (kalung dan buah kalung) terbesar.

Terakhir pada hari kedua belas, Lembaga Adat Dayak Tahol Kabupaten Malinau menutup raihan Rekor MURI untuk gelaran IRAU ke-9 dengan memperoleh rekor bubu terpanjang.

Yusuf Ngadri, Dewan MURI yang hadir dalam setiap pemecahan rekor MURI pada IRAU ini mengatkan bahwa, perolehan MURI sebanyak 11 rekor merupakan sebuah maha karya budaya dari seorang Bupati Malinau yang tak ternilai harganya. (Aan/Diskominfo)

tags: ,

Related For Fantastis..!! 11 Rekor MURI Ditoreh Sepanjang Pagelaran IRAU Ke-9 Tahun 2018