FPKB DPR RI GELAR PARLEMEN SANTRI

Selasa, Oktober 11th 2016. | Advertorial

 

img-20161011-wa0003

JAKARTA,MK – Menyambut HUT ke 17 Fraksi PKB DPR RI menggelar acara “Parlemen Santri” yang melibatkan ratusan santri dari berbagai daerah di Ruang KK II Nusantara II Gedung DPR RI.

Peserta “Parlemen Santri” merupakan hasil seleksi yang diikuti oleh para santri melalui kegiatan perlombaan menulis opini yang bertemakan politik.

Ketua Fraksi PKB DPR RI Ida fauziyah mengatakan kegiatan “parlemen santri” dilakukan untuk mengenalkan para santri tentang peran lembaga-lembaga parlemen seperti DPD, DPR, MPR dan AKD (Alat Kelengkapan Dewan) serta pengenalan mekanisme rapat paripurna DPR secara mendalam.

“Dengan kegiatan ini para santri bisa memahami proses dan aktivitas parlemen secara utuh. Para peserta diharapkan bisa memahami bahwa anggota DPR tidak hanya “datang, duduk, dan diam” saja, tapi mereka aktif memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ujar Ida Fauziyah di Jakarta 11/10/2016.

Parlemen santri, merupakan pendidikan politik bagi para santri. Dalam kegiatan ini, para santri menjadi anggota DPR dalam sehari. Mereka belajar proses penyusunan undang-undang mulai awal hingga penetapan. Mereka juga akan diberikan waktu berkeliling kompleks DPR, sekaligus bersidang langsung di ruang rapat DPR.

Ketua Panitia Peringatan HUT FPKB Neng Eem Marhamah Zulfa menambahkan kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran para peserta untuk membangun nalar politik kenegaraan.

“Banyak pemimpin nasional yang muncul di era reformasi memiliki latar belakang santri, termasuk para anggota DPR RI fraksi PKB yang notabene kaum santri. Seperti Ketua Umum DPP PKB H.A. Muhaimin Iskandar seorang santri tulen. Bahkan, santri pernah menjadi presiden RI (GusDur),” ujar Neng Eem Marhamah Anggota FPKB DPR RI ini. “Semoga santri bisa memimpin kembali negeri tercinta ini” ungkapnya (rsm/rz)

Related For FPKB DPR RI GELAR PARLEMEN SANTRI